INFORMASI HARGA KEPOKMAS MENJELANG LEBARAN TAHUN 1438 H, SENIN 19 JUNI 2017

G

Berdasarkan hasil monitoring oleh Petugas Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah pada hari Senin, 19 Juni 2017 atau H–7 Menjelang Lebaran 2017, situasi dan kondisi di 5 (lima) Pasar Rakyat Kota Semarang, yakni : Pasar Johar, Pasar Peterongan, Pasar Karangayu, Pasar Bulu dan Pasar Gayamsari; secara umum sejak pagi hingga siang hari kondisinya ramai normal. Untuk persediaan/stock beberapa komoditi, antara lain : Beras, Gula Pasir, Minyak Goreng, Daging Sapi, Daging ayam Broiler, Telur ayam ras, Susu, Tepung terigu, dan beberapa komoditi Sayur Mayur (Cabe dan Bawang) serta LPG 3 kg,   dipasaran terpantau cukup dan harga relatif stabil.

Hasil pantauan harga dan ketersediaan stock beberapa komoditi, antara lain : beras, gula pasir, minyak goreng, daging sapi, daging ayam broiler, telur ayam ras, susu, jagung pipilan, tepung terigu, kacang kedelai, Ikan laut, indomie, kacang tanah, kacang hijau, dan ketela pohon, dan LPG 3 kg, dipasaran terpantau cukup dan harga relatif stabil.

Beberapa harga komoditi yang pada hari ini yang mengalami perubahan adalah sebagai berikut :

Komoditi yang mengalami kenaikan: khusus Cabe merah tropong naik Rp.2.400,- (10,4%) Cabe merah keriting naik Rp. 4.200,- (23,3%) Cabe rawit merah naik Rp 600,- (2,1%) dan Cabe rawit hijau naik Rp 1.000,- (3,8%) meningkat nya permintaan  menjelang lebaran 2017 di samping itu adanya curah hujan yang tidak menentu di beberapa daerah yang menyebabkan berkurangnya pasokan di pasar. dan Bawang merah naik Rp 400,- (1,5%) dan Bawang Sin chung naik Rp 1.000,- (3,4%)

Sedangkan Komoditi yang mengalami penurunan: khusus Bawang kating turun Rp 28.200,- (38,5%) di karenakan adanya ada nya operasi pasar Bawang putih kating di pasar johar MAJT.

Kemudian untuk informasi data selangkapnya sebagaimana terlampir.