BALAI DI DISPERINDAG JATENG

Dengan Pergub no 107 tahun 2016 tentang Organisasi dan Tata Kerja Unit Pelaksana Teknis, maka dibentuk UPT pada dinas, yang terdiri dari  :



a. Baiai Pengembangan Teknologi Logam Dan Kayu Kelas A;


 


b. Balai Pengujian dan Sertifikasi Mutu Barang Kelas A, terdiri atas :

     1. Balai Pengujian dan Sertifikasi Mutu Barang Surakarta;

Balai Pengujian dan Sertifikasi Mutu Barang (BPSMB) Surakarta merupakan salah satu UPTD pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah yang berdiri pada tahun 1985 berdasarkan SK Menteri Perdagangan No. 107/KP/IX/1985, tentang organisasi dan tata kerja Balai Pengujian dan Sertifikasi Mutu Barang. Departemen Perdagangan menetapkan 15 BPSMB di daerah, diantaranya BPSMB Surakarta dengan wilayah kerja Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Dalam perkembangan selanjutnya pada era otonomi daerah Pemerintah Pusat menyerahkan BPSMB Surakarta kepada Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.    Berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 1 tahun 2002 tanggal 2 April 2002, BPSMB Surakarta sebagai Unit Pelaksana Teknis (UPT) pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah. Salah satu tugas pokok dan fungsi BPSMB Surakarta adalah melakukan pengawasan, pembinaan dan peningkatan mutu barang yang diperdagangkan baik untuk ekspor maupun impor serta barang yang beredar di pasar termasuk komoditas tembakau.

Pada tahun 2006, berdasarkan Perda Provinsi Jawa Tengah No. 5 Tahun 2006, tanggal 3 Maret 2006, tentang perubahan atas Perda No. 1 Tahun 2002 tentang pembentukan, kedudukan, tugas pokok, fungsi, dan susunan organisasi Unit Pelaksana Teknis bahwa Balai Pengujian dan Sertifikasi Mutu Barang (BPSMB) adalah UPT Dinas Perdagangan, merupakan unsur pelaksana teknis operasional dinas yang dipimpin oleh seorang Kepala Balai yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Dinas (Paragraf 1. Pasal 167).

Pada tahun 2008, berdasarkan Peraturan Gubernur Jawa Tengah No. 37 Tahun 2008, tanggal 20 Juni 2008 tentang organisasi dan tata kerja Unit Pelaksana Teknis pada Dinperindag Provinsi Jawa Tengah, merupakan unsur pelaksana operasional Dinas yang dipimpin oleh seorang Kepala Balai yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Dinas (Bab. V., Pasal 23)

Dalam perkembangannya  BPSMB Surakarta  mampu mengembangkan diri melakukan pelayanan publik berupa pengujian mutu barang,  kalibrasi alat ukur dan sebagai Lembaga Sertifikasi Produk.

Keberadaan BPSMB Surakarta perlu mendapatkan kajian lebih lanjut sebagaimana diamanatkan dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 12 Tahun 2017 tentang Pembentukan dan Klasifikasi Cabang Dinas dan UPTD, untuk mengetahui potensi BPSMB Surakarta dan pengembangannya. Kajian ini akan meliputi analisis BPSMB dari segi pemenuhan kriteria dan beban kerja yang dimiliki.

Tugas Pokok dan Fungsi

Peraturan Gubernur Jawa Tengah Nomor 107 Tahun 2016 tentang Organisasi dan Tata Kerja Unit Pelaksana Teknis pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah menjabarkan bahwa Balai Pengujian dan Sertifikasi Mutu Barang mempunyai tugas pokok melaksanakan tugas teknis operasional dan/atau kegiatan teknis penunjang tertentu Dinas di bidang pengujian mutu barang dan teknik kalibrasi. Selain itu, BPSMB memiliki fungsi antara lain sebagai berikut:

1. Penyusunan rencana teknis operasional pengujian dan sertifikasi mutu barang serta teknik kalibrasi.

2. Pengkajian dan analisis teknis operasional dan sertifikasi mutu barang serta kalibrasi.

3. Pelaksanaan kebijakan teknis pengujian dan sertifikasi mutu barang serta kalibrasi.

4. Pelaksanaan fasilitas pengujian dan sertifikasi mutu barang, kalibrasi peralatan.

5. Pelayanan penunjang tugas dinas.

6. Pengelolaan ketatausahaan.

 

 

    

2. Balai Pengujian dan Sertifikasi Mutu Barang Semarang;

http://disperindag.jatengprov.go.id/bpsmb

 

 



c. Balai Pengembangan Produk Tekstil Dan Alas Kaki Kelas A;


JUMLAH PESERTA PELATIHAN GARMEN TAHUN 2015 TOTAL 3.650 ORANG

JUMLAH PESERTA PELATIHAN GARMEN TAHUN 2016 TOTAL 3.000 ORANG
  
 

d. Balai Pengembangan Kemasan Dan Industri Kreatif Kelas A.
 

 

 

 

>> UNDUH BUKU PROFIL BALAI - BALAI