DISPERINDAG PROV JATENG
entry image

30 PERUSAHAAN ROKOK DI JAWA TENGAH SUDAH SERTIFIKASI MESIN PELINTING ROKOK


SEMARANG - Tahun 2019, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah telah melakukan verifikasi dan registrasi mesin pelinting rokok pada 30 perusahaan rokok di 8 Kab/Kota Jawa Tengah yaitu Kota Semarang, Kab, Kudus, Kab. Jepara , Kab. Demak, Kab. Boyolali, Kab. Karanganyar, Kota Surakarta, dan Kota Magelang.

Selain sertifikat, legalitas yang didapatkan oleh perusahaan adalah nameplate yang akan dipasang pada mesin pelinting setelah melalui proses verifikasi dan registrasi. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mencegah dan mengurangi maraknya peredaran rokok illegal. Sertifikat tersebut berlaku selama 5 (lima) tahun, sebelum masa berlaku habis perusahaan wajib mengajukan formulir permohonan sertifikasi kepada Disperindag Prov. Jateng untuk dilakukan perpanjangan masa berlaku dengan menyusun berkas permohonan beserta kelengkapannya.

Sesuai Permenperind 72/M-IND/PER/10/2008 tentang Pendaftaran dan Penggunaan Mesin Pelinting Sigaret (Rokok), setiap perusahaan rokok yang mempunyai mesin pelinting rokok dan apabila melakukan jual beli maupun melakukan pemindahan lokasi mesin pelinting rokok tersebut maka wajib melaporkan ke Dinas Perindustrian Provinsi masing – masing untuk dapat dilakukan registrasi.

simak videonya di https://youtube.com/disperindagjateng