entry image

Antusias Masyarakat pada Gelar Produk Industri Logam Jawa Tengah 2017


Keberadaan Industri logam dan mesin merupakan industri dasar yang menunjang seluruh kegiatan industri. Industri logam dan mesin adalah industri hulu yang merupakan basic/dasar dari semua industri, tidak ada industri yang tidak memerlukan logam dan mesin, industri logam dan mesin merupakan industri inti yang keberadaannya sebagai dasar pembangunan berbagai industri, baik industri agro, industri hasil hutan maupun industri berteknologi tinggi. Industri logam dan mesin Jawa Tengah mempunyai potensi yang bagus untuk terus dikembangkan. Sentra-sentra industri logam dan mesin yang terdapat di beberapa kabupaten / kota di Jawa Tengah keberadaannya mampu menyumbang pada peningkatan perekonomian daerah dan menyerap banyak tenaga kerja. Usaha keras dan kemauan untuk terus maju serta berkembang yang dilakukan IKM logam dan mesin Jawa Tengah telah mampu menciptakan produk-produk yang berkualitas dan berdaya saing tinggi. Produk-produk yang dihasilkan tersebut diharapkan dapat berperan sebagai pemasok kebutuhan pasar logam dan mesin di Jawa Tengah maupun nasional.

Potensi industri logam di Jawa Tengah tersebar di beberapa kab/kota antara lain di Kabupaten Tegal, Klaten, Karanganyar, Purbalingga, Pati, Boyolali, Kudus, Jepara, Banyumas, Wonogiri dan Semarang dengan jumlah unit usaha mencapai + 1.104 UU dengan penyerapan tenaga kerja sebesar  + 10.866 orang, serta nilai produksi mencapai + Rp. 109.344.129.140,-.

Penyelenggaraan Gelar Produk Industri Logam Jawa Tengah ini diharapkan dapat memberi motivasi bagi para pelaku industri yang bergerak dibidang industri logam dan mesin, menjadi semakin bergairah dan bersemangat dalam mengembangkan usaha-usahanya kedepan, sehingga produk logam dan mesin asal Jawa Tengah mempunyai standar kualitas/mutu yang memadai dan diharapkan mampu bersaing di pasar domestik maupun pasar internasional. Hal ini dapat diwujudkan apabila Pemerintah, Dunia Usaha dan Masyarakat mempunyai komitmen yang sama untuk mendorong dan mengembangkan industri logam dan mesin sehingga industri logam dan mesin akan memberi harapan yang lebih baik di masa yang akan datang.