DISPERINDAG PROV JATENG
entry image

BIMBINGAN TEKNIS PRODUKSI DAN PENGEMBANGAN DESAIN MESIN ALSINTANI DAN TTG DI SUKOHARJO


Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah melalui Program Penumbuhan dan Pengembangan Industri Kecil dan Menengah Tahun Anggaran 2017 memfasilitasi  para pelaku Wirausaha Baru IKM Mesin Rekayasa khususnya Alat Mesin Pertanian (Alsintan) dan Teknologi Tepat Guna (TTG) mengadakan Bimtek Produksi dan Pengembangan Desain Mesin Alsintani dan TTG yang dilaksanakan di Kab. Sukoharjo pada Tanggal 29 s/d 31 Agustus 2017.

Dalam pelaksanaan Bimtek ini diikuti sebanyak 30 peserta yang berasal dari Sukoharjo, Wonogiri, Boyolali dan Karanganyar, sedangakan Narasumber dan Intruktur berasal Akademi Teknologi Warga Surakarta dengan materi desain dan perancangan mesin dengan hasil akhir terciptanya Mesin Penepung untuk sasaran pelaku usaha IKM Jamu.

Bimtek tersebut menindaklanjuti permasalahan yang selama ini dihadapi oleh para pelaku IKM mesin/logam antara lain kualitas  produk industri kecil mesin dan peralatan masih belum sesuai standar, pengembangan teknologi & desain masih terbatas, terbatasnya sarana dan prasarana produksi termasuk system maintenance terhadap peralatan yang sudah dimiliki, masih belum memadainya infrastruktur teknologi pendukung (sertifikasi, laboratorium), terbatasnya Jejaring Kerjasama dan informasi pasar.

Harapannya, dengan diadakan Bimtek para peserta dapat menerapkan dan mengaplikasikan ilmu yang diperoleh untuk menciptakan produk-produk yang berkualitas dan berdaya saing serta dapat terjalin kerjasama dan saling mendorong untuk memajukan usahanya di antara sesama pengusaha atau perajin lainnya.