DISPERINDAG PROV JATENG
entry image

BONGGOL HINGGA DAUN TANAMAN PISANG, DAPAT DIOLAH JADI MINUMAN DAN MAKANAN


KENDAL, dinperindag.jatengprov.go.id - Bahan baku pisang yang tersedia cukup banyak di Desa Bangunsari, Kec. Patebon, Kab. Kendal dirasa belum dimanfaatkan secara optimal oleh warga desa, jika saat panen tiba hanya dijual sebatas buah pisang saja di pasar. Walaupun sebenarnya mulai bonggol hingga daun dari tanaman pisang bisa diolah menjadi bermacam – macam makanan dan minuman. Untuk itu Dinas Perindag Prov. Jateng membuat langkah untuk memberikan pelatihan yang bertujuan untuk memberikan warga desa pengetahuan pembuatan makanan dan minuman olahan pisang secara inovatif.

Pelatihan pembuatan makanan dan minuman olahan berbahan dasar tanaman pisang diselenggarakan pada tanggal 10 - 13 Agustus 2016. Pelatihan ini diikuti 20 peserta dari Desa Bangunsari, yang terdiri dari petani, pengusaha ataupun para pemuda yang berniat untuk berwirausaha.

Menurut Ratna Prawira,SE selaku instruktur pelatihan, Desa Bangunsari sudah mempunyai sudah mempunyai  sumber bahan baku pisang yang berlimpah tinggal bagaimana  warga Desa Bangunsari bisa mengolah  dan membuat produk  bahan baku pisang menjadi makanan serta minuman olahan yang inovatif dan lain dari yang sudah beredar di pasaran.

Dalam pelatihan peserta diajarkan untuk mempraktekkan langsung ilmu yang sudah diajarkan oleh instruktur, peserta sangat antusias dan dapat mengolah bahan baku pisang menjadi berbagai macam jenis makanan yaitu  menjadi kripik pisang balado, dan buah pisang pun dapat dijadikan tepung yang kemudian untuk bahan pembuatan roti bolu dab brownies. Bahkan kulit pisang pun bisa dibuat menjadi beragam macam makanan olahan seperti selai, agar- agar, nugget, krupuk, sirup dll. Tidak berhenti disitu para peserta  juga diajak ke Sleman, Jogja untuk melihat secara langsung ke rumah produksi bahan baku pisang  bahwa  semua yang berasal dari pohon pisang juga dapat dimanfaatkan  menjadi makanan olahan yang beraneka ragam.

Diharapkan pelatihan ini nantinya tidak hanya menambah ilmu dan pengetahuan untuk warga Desa Bangunsari namun juga bahwa melimpahnya bahan baku pisang juga bisa dimanfaatkan untuk menambah  ekonomi keluarga dan nantinya juga dapat meningkatkan perekonomian dan taraf hidup warga Desa Bangunsari. (Red-Cesa)