DISPERINDAG PROV JATENG
entry image

BPSMB SURAKARTA ADAKAN SUB KEGIATAN PERTEMUAN TEKNIS SINKRONISASI MUTU TEMBAKAU DI KABUPATEN TEMANGGUNG


Seperti kita ketahui Tembakau tak pernah lepas dari kota kecil di Jawa Tengah yaitu Kabupaten Temanggung. Berada didataran tinggi dengan letak geografis yang membentang dari lereng Gunung Sumbing sampai Gunung Sindoro, menjadikan Temanggung sebagai surga tembakau. Tembakau Srithil merupakan primadona utama dari Temanggung. Beberapa penikmat rokok kretek menyebut, rokok tanpa tembakau dari Temanggung ini tidak akan menjadi rokok yang mantap dan berkualitas. Temanggung merupakan salah satu daerah penghasil tembakau kelas wahid.

Balai Pengujian dan Sertifikasi Mutu Barang Surakarta Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah kembali mengadakan Sub Kegiatan Pertemuan Teknis Sinkronisasi Mutu Tembakau di Kabupaten Temanggung bertempat di Hotel Indraloka Jl. Suwardi Suwandi Temanggung pada hari Kamis tanggal 22 Februari 2018. Kegiatan tersebut diikuti sebanyak 40 peserta yang terdiri dari petani tembakau, pengusaha tembakau, grader, Asosiasi Petani Tembakau Indonesia (APTI) dan instansi pemerintah terkait yaitu Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Temanggung serta Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi & UKM Kabupaten Temanggung.

Kegiatan ini diselenggarakan dengan tujuan : Pertama, agar menyamakan persepsi perihal mutu tembakau ; Kedua, menambah wawasan, motivasi dan kesadaran masyarakat akan pentingnya mutu produk sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI); Ketiga,  mempertahankan keberadaan tembakau di Temanggung karena kontribusinya cukup besar bagi kesejahteraan masyarakat dan perekonomian daerah ; Keempat, pemberian jaminan keamanan & mutu yang baik pada pelaku usaha dan kewajiban pelaku usaha untuk selalu memastikan kualitasnya sehingga dapat diterima dipasar ; Kelima, untuk mengantisipasi persaingan dipasar bebas karena salah satu faktor daya saing adalah mutu barang/konsistensi mutu produk ; Keenam, untuk meningkatkan dan melindungi konsumen dari sisi keamanan, kesehatan, lingkungan hidup dan keselamatannya karena dalam era globalisasi perdagangan, standar memegang peranan penting baik itu untuk transfer teknologi, menghubungkan antar pelaku ekonomi, akses pasar dan sebagainya.

 

Sub Kegiatan Pertemuan Teknis Sinkronisasi Mutu Tembakau di Kabupaten Temanggung dibuka dengan Sambutan dari Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi & UKM Kabupaten Temanggung yang diwakili oleh Kasi Agro Industri, Ibu Oktarina Yuliastanti, SE, M.Ec. Dev. Acara dilanjutkan dengan pembukaan oleh Kepala Balai Pengujian dan Sertifikasi Mutu Barang Surakarta, Ibu Dra. Wahyu Miatiningsih, M.Si.

Materi pertama yang disampaikan pada Kegiatan Pertemuan Teknis Sinkronisasi Mutu Tembakau di Kabupaten Temanggung yaitu Perkembangan Harga Tembakau dan Alternatif Tata Niaga Tembakau disampaikan oleh Bapak Wahyudi dari Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi & UKM Kabupaten Temanggung. Materi kedua tentang Upaya Budidaya Tembakau sesuai Standar Nasional Indonesia (SNI) disampaikan oleh Ibu Eka Riya Sukherti, S.Si dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Temanggung. Materi ketiga tentang Kemitraan dan Permasalahan tembakau disampaikan bapak Noer Ahsan, SE dari Asosiasi Petani Tembakau Indonesia (APTI) DPC Temanggung.