instagram takipçi hilesi instagram beğeni hilesi instagram takipçi hilesi instagram takipçi hilesi instagram beğeni hilesi instagram beğeni hilesi
 DISPERINDAG PROV JATENG
entry image

Bimtek Pemanfaatan FTA Rex-System dan European Free Trade Association


BIMTEK PEMANFAATAN FTA REX-SYSTEM DAN 

EUROPEAN FREE TRADE ASSOCIATION

 

 

Suasana Bimtek FTA

Semarang, 24 April 2019, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah berkerja sama dengan Kementerian Perdagangan beserta Kanwil DJBC Regional Jawa Tengah – DIY mengadakan Bimbingan Teknis “Pemanfaatan Free Trade Agreement – Rex System dan European Free Trade Association” yang dilaksanakan pada tanggal 24 April 2019 di Gedung Dekranasda – Pramuka dan dihadiri oleh 65 peserta eksportir khusus tujuan ekspor negara Uni – Eropa.

Tujuan kegiatan tersebut selain menyampaikan informasi terkini tentang hasil perundingan / ratifikasi Rex System dan EFTA; informasi  tentang kebijakan dan implementasi Rex-system dan  EFTA, perijinan ekspor - impor di Kemendag melalui inatrade, juga akan mensosialisasikan pemanfaatan Pusat Logistik  Berikat (PLB)  di Pelabuhan Tanjung emas Semarang bagi pelaku usaha di Jawa Tengah.  Acara tersebut di buka dengan sambutan dari Kepala Bidang Perdagangan Luar Negeri dengan pemaparan nilai ekspor Jawa Tengah ke dunia yang mencapai nilai sebesar US$ 8.090,9 juta dan penerbitan SKA yang mencapai 650 – 700 dokumen SKA perharinya.

Dengan adanya Rex – System dan EFTA, diharapkan dapat memperlancar kegiatan ekspor dikarenakan eksportir dapat menerbitkan Dokumen deklarasi asal barang secara mandiri dan online tanpa memerlukan pengesahan resmi dari Instansi Penerbit SKA. Para Narasumber yang hadir dalam Bimtek tersebut adalah perwakilan Kementerian Perdagangan dan Bea Cukai. Perwakilan dari Kementerian Perdagangan, yaitu : Ibu Hesty Syntia Paramita Kusmanto, Ibu Ririh Nila Ningrum, dan Bapak Bambang Jaka Setiawan. Sedangkan dari Kanwil Bea Cukai diwakili oleh Ibu Juli Tri Kisworini. Untuk moderator acara tersebut adalah Ibu Ade Siti Muksodah dari Gabungan Pengusaha Eksportir Indonesia.

Sambutan Kepala Bidang Perdagangan Luar Negeri

 

Materi dapat diunduh di dengan KLIK http://bit.ly/BimtekFTA2019