DISPERINDAG PROV JATENG
entry image

DINAS PERDAGANGAN PERINAKER KABUPATEN NGAWI MENCARI TEROBOSAN DI BPPTAK DISPERINDAG JATENG


Kunjungan Dinas Perdagangan, Perindustrian Dan Tenaga Kerja Kabupaten Ngawi Ke BPPTAK Disperindag Prov. Jateng Selasa,14 Agustus 2018, bertujuan mencari terobosan baru bagaimana menurunkan angka TPT (Tingkat Pengangguran Terbuka) Kabupaten Ngawi yang saat ini mencapai 5,76 % setara dengan 25.000 orang.

Perlu upaya untuk mengatasinya, Ir. Yusuf Rosyadi, MSi selaku kepala Dinas Perdagangan, Perindustrian dan Tenaga kerja didampingi sekretaris Dinas dan Kepala Bidang ketenaga kerjaan dalam kunjungan ini, disambut langsung dan berdiskusi dengan Drs. Gregorius Ratmono Pujiarto selaku Kepala Seksi Pengembangan Jasa di BPPTAK Disperindag Prov. Jateng mencari langkah-langkah strategis terkait angka TPT di Kabupaten Ngawi.

Ratmono menuturkan “bahwa tugas yang harus di emban di BPPTAK harus bisa Merekrut, Melatih dan Menempatkan Peserta untuk bisa bekerja di Perusahaan”. “Adapun  Langkah-langkah strategis yang dilakukan yakni menyelenggarkan pelatihan di bidang garmen, bermitra dengan perusahaan / Industri garmen, Kabupaten, Kecamatan, Kelurahan dan SMK., Kurikulum pelatihannya sendiri  disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan, dengan lebih menekankan pada pelatihan soft skill atau pedidikan karater  sehingga anak-anak  yang dilatih di BPPTAK selama 20 hari sudah berasa seperti di perusahaan garmen, termasuk aturan displin disesuaikan dengan aturan disiplin kerja di perusahaan”. Imbuhnya.

Dinas Perdagangan, Perindustrian  dan Tenaga Kerja Kabupaten Ngawi mengadopsi cara merekrut peserta, bedah kurikulum yang tadinya hanya  menggunakan SKKNI sekarang disesuaikan  dengan kebutuhan perusahaan  dan pendidikan karakter lebih ditekankan ujar Yusuf.( HRT).