entry image

DISPERINDAG FASILITASI PELATIHAN WEBSITE BAGI IKM DI JAWA TENGAH


Apa itu Search Engine Optimization (SEO )? Kalau anda pernah melakukan pencarian website di Google, Yahoo!, Bing atau mesin pencari lainnya, anda akan melihat daftar website yang relevan dengan pencarian anda. Mesin pencari mengurutkan hasil pencarian tersebut bukan secara acak, tetapi berdasarkan tingkat relevan dan kualitas website.

Sejak adanya mesin pencari seperti Google, hampir semua orang mencari informasi secara online. Dari data yang dipublikasikan oleh Google, website  yang menempati peringkat pertama sampai ketiga mendapatkan total klik komulatif sebesar lebih dari 50%. Peringkat pertama sendiri mendapatkan lebih dari 20%. Ini menunjukkan betapa pentingnya SEO untuk website. Lebih dari itu, pengunjung dari mesin pencari merupakan orang-orang yang haus akan informasi dan ingin membeli produk. Kalau website memiliki sebuah bisnis online, pengunjung dari mesin pencari akan memiliki tingkat konversi terbesar. SEO merupakan bagian dari inbound marketing yang merupakan teknik marketing modern di era digital.

Narasumber sedang menjelaskan materi kepada para peserta

 

Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah mengadakan pelatihan ini pada tanggal 18 Juli 2018 sampai dengan tanggal 19 Juli 2018 di Loji Hotel, Kota Surakarta. Kegiatan dibuka oleh Ir. Yayuk Armirahayuningsih, MM Kepala Seksi Pengembangan Sarana dan Prasarana Bidang Industri Non Agro dan sebagai Instruktur Shaga Bogas, Muhammad Salafudin dari PT. Nusantara Global Inovasi, Semarang. Kegiatan pelatihan ini merupakan kegiatan lanjutan yang diawali dengan fasilitasi pembuatan website dan sewa hosting bagi 50 IKM Jawa Tengah selama satu tahun. [red-ian]

 

Salah satu peserta menceritakan cara penjualannya menggunakan aplikasi yg digunakannya untuk memasarkan barang.

Salah satu peserta sedang mempresentasikan pelatihan website sebelumnya di Semarang.

 

Peserta menjelaskan materi pelatihan SEO yang dulu pernah diikuti.