entry image

DISPERINDAG JATENG FASILITASI KAUM DIFABEL BLORA


Provinsi Jawa Tengah hingga saat ini masih dihadapkan dengan berbagai isu strategis kemiskinan, pengangguran, daya saing. Isu tersebut sangat relevan dengan kondisi factual di Jawa Tengah, dimana data Badan Pusat Statistik (BPS) pada Bulan September 2017 prosentase penduduk miskin masih tercatat sebesar 12,23 % atau 4,20 juta orang dengan sebaran distribusi di pedesaan 59,78% dan di perkotaan sebesar 40,22%.

Mengingat jumlah penduduk miskin di pedesaan lebih besar daripada di perkotaan, maka upaya penanggulangan kemiskinan di pedesaan perlu mendapatkan perhatian dan penanganan yang lebih konseptual, sistematis serta berkelanjutan. Faktor penyebab masih tingginya tingkat kemiskinan di pedesaan beberapa diantaranya adalah tingkat pendidikan yang rendah, produktivitas tenaga kerja rendah, distribusi pendapatan yang timpang, kesempatan kerja yang kurang. Potensi sumber daya alam desa sebenarnya berlimpah, namun sering kali belum dapat dimanfaatkan secara efisien dan berkelanjutan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta pembangunan desa. Disamping itu aksesbilitas modal teknologi tepat guna, infrastruktur, pendampingan usaha dan pemasaran masih terbatas.

Melalui Kegiatan Pengembangan Wirausaha Baru Industri Kecil Menengah Potensial, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan pelatihan Keterampilan Teknis Produksi Batik Bagi Kelompok Difabel Kabupaten Blora. Pelatihan dibuka pada hari Rabu tanggal 14 Maret 2018 di Kantor Bappeda Kabupaten Blora oleh Kepala Bappeda Kabupaten Blora Ir. Sutikno Slamet turut hadir pula dari Dinas Perindustrian Dan Tenaga Kerja Kabupaten Blora, Dinas Perdagangan dan UMKM Kabupaten Blora, Kepala Desa Kaloran dan Kepala Camat Blora. Pelatihan Keterampilan Batik sendiri dilaksanakan pada tanggal 15 sampai dengan 16 Maret 2018 dan bertempat di Yayasan atau rumah dari Wakil Komunitas Difabel Blora Mustika DBM Desa Kamolan Kabupaten Blora.

Tujuan dari pelatihan Keterampilan Teknis Produksi Batik Bagi Kelompok Difabel Kabupaten Blora ini yaitu untuk mendorong pengembangan usaha dan penciptaan lapangan kerja bagi kaum disabilitas di Kabupaten Blora agar dapat terwujud visi dari Difabel Blora Mustika, yaitu terwujudnya Kabupaten Blora yang ramah difabel. [red-ian].