DISPERINDAG PROV JATENG
entry image

DISPERINDAG JATENG FASILITASI PELATIHAN INDUSTRI OLAHAN MAKANAN DI KAB. CILACAP


Berbagai bentuk ketimpangan atau kesenjangan yang ada, menjadi halangan bagi kelompok – kelompok tertentu dalam masyarakat untuk turut menikmati hasil pembangunan dari program pemerintah daerahnya. Ketimpangan terjadi pada berbagai kelompok masyarakat termasuk diantaranya ketimpangan antar wilayah, antar kelompok sosial ekonomi serta antar jenis kelamin. Salah satu bentuk ketimpangan yang banyak mendapat perhatian dari berbagai pihak baik di dalam negeri maupun dikalangan internasional adalah ketimpangan antar jenis kelamin atau kesenjangan gender. Berbagai indikator dan indeks terkait kesenjangan gender sudah tersedia untuk mengukur besar kecilnya kesenjangan gender terjadi pada berbagai aspek/ sektor pembangunan seperti politik, ekonomi, aspek sosial budaya.

Tujuan Pelatihan ini adalah memberikan pengetahuan dan keterampilan khusus bagi kaum perempuan yang memadai mengenai arti pentingnya penerapan kesetaraan gender antara laki-laki dan perempuan dalam segenap bidang kehidupan. Diharapkan dengan adanya kesetaraan gender ini maka tidak ada lagi bentuk diskriminasi dan marginalisasi terhadap perempuan di masyarakat kita.

Guna untuk mesukseskan program kerja Gubernur Jawa Tengah, maka Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah mengadakan Pelatihan Teknis Produksi Makanan Olahan Berbahan Baku Lokal di Kabupaten Cilacap. Kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatakan pengetahuan dalam pemanfaatan potensi sumber daya lokal secara optimal dan berkelanjutan khususnya komoditas pisang, jagung, singkong dll di wilayah ini dalam rangka pengembangan dan pembinaan industri khususnya yang bergerak di sektor agro industri di Jawa Tengah. Industri olahan makanan merupakan salah satu potensi yang dimiliki Jawa Tengah khususnya di Kabupaten Cilacap. Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Perindustrian Kabupaten Cilacap dan Kepala Desa Kunci Nasirudin dan dilaksanakan mulai tanggal 10 April – 13 April 2018 di Kantor Balai Desa Kunci, Kecamatan Sidareja, Kabupaten Cilacap. Pada akhir pelatihan tanggal 13 April 2018, para peserta juga berkesempatan berkunjung dan praktek langsung di IKM Banjarnegara yaitu New Bara Snack dan KUB Suka Nicky. [red-ian]