DISPERINDAG PROV JATENG
entry image

DISPERINDAG PROV. JATENG PANTAU PENDISTRIBUSIAN LPG 3 KG DI KABUPATEN PEKALONGAN


Dalam rangka menindaklanjuti aduan masyarakat terkait kesulitan mendapatkan gas LPG 3 kg, Tim Pengawas Disperindag Prov. Jateng melaksanakan pemantauan di Kabupaten Pekalongan pada tangal 28 September 2017 untuk melihat secara langsung kondisi di lapangan. Mengingat LPG 3 kg adalah barang bersubsidi yang peruntukkannya hanya untuk rumah tangga tidak mampu dan usaha mikro, maka kepada Pangkalan kami tegaskan untuk mengutamakan menjual kepada pengguna langsung yaitu rumah tangga miskin. Adanya kekosongan LPG 3 kg dibeberapa wilayah, kemungkinan adanya peningkatan kebutuhan pada sektor selain rumah tangga miskin dan usaha mikro. Dari pemantauan Tim Pengawas di beberapa pangkalan LPG 3 kg diperoleh informasi bahwa mereka mendapatkan pasokan dari Agen seminggu sekali sebanyak 25 – 50 tabung. Jumlah tersebut rata-rata habis dibeli oleh pengguna langsung dan juga pengecer yang hendak menjual gas LPG 3 kg tersebut di kios/ warungnya. Selanjutnya diinformasikan bahwa pasokan dari Agen tidak ada kendala dan rutin dilakukan seminggu satu kali.

Di wilayah Kabupaten Pekalongan khususnya Kecamatan Buaran, informasi yang kami peroleh dari msyarakat ekitar bahwa untuk mendapatkan LPG 3 kg dirasa tidak mengalami kesulitan. Terkait harga, Tim Pengawas Disperindag Prov. Jateng menyampaikan kepada masyarakat bahwa untuk mendapatkan harga yang sesuai dengan HET, maka diharapkan dapat membeli di Pangkalan, karena jika membeli kepada pengecer di took/ kios/ warung biasanya mereka mencari keuntungan sendiri. Harga LPG terdapat variatif harga berkisar antara Rp. 15.500,- s/d Rp. 18.000,- pertabung. Harga Rp. 18.000,- kami temukan pada salah satu pengecer di Toko D7 Electric.

Berkaitan dengan harga LPG 3 kg tersebut, kami telah menegaskan bahwa Pangkalan sebagai Titik Serah Akhir dari distribusi LPG 3 kg harus berpedoman pada Surat Keputusan Gubernur Nomor 541/15 Tahun 2015 tentang Penetapan HET LPG 3 kg yaitu Rp. 15.500,- /tabung. Apabila dalam suatu wilayah terjadi kekosongan barang dan masyarakat sulit mendapatkan gas LPG 3 kg, maka akan segera dikoordinasikan dengan Pertamina untuk menambah penyaluran secara fakultatif.