entry image

DISPERINDAG PROV JATENG SELENGGARAKAN FORUM EKSPOR DAN ONE ON ONE MEETING DENGAN ITPC/ ATDAG


Dalam upaya meningkatkan pangsa pasar produk-produk unggulan Jawa Tengah di luar negeri, Dinas Perindustrian dan Perdagangan telah menyelenggarakan  “Forum Ekspor dan One On One Meeting dengan ITPC/ Atase Perdagangan”. Forum ekspor yang diselenggarakan hari Selasa tanggal 30 Oktober 2018, dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah dan sebagai nara sumber kegiatan tersebut antara lain dari Atase Perdangan Moskow, ITPC Johannesburg dan ITPC Sao Paulo.

Peserta forum ekspor adalah para eksportir serta calon eksportir terutama UKM/IKM orientasi ekspor sebanyak 100 orang yang dipandu oleh moderator Bastian Turidobroto yang merupakan factory manager PT.Sanfood Prima Makmur. Adapun tujuan kegiatan ini adalah menyampaikan informasi terkini tentang peluang pasar, trend produk dan perkembangan desain, akses dan hambatan pasar, jalur distribusi atau pemasaran serta eksportir pesaing yang ada di masing-masing negara terakreditasi. Atase Perdagangan dan ITPC. Disamping itu memberikan kesempatan kepada peserta untuk bisa bertemu dengan Atase Perdagangan maupun para Kepala ITPC, untuk memperlihatkan contoh produk yang diproduksi peserta untuk dipromosikan di market place di negara-negara Atase Perdagangan/ITPC bertugas.

“Kami mencoba mendatangkan bapak dan ibu yang sehari-hari betugas sebagai marketing intelligence di negara-negara yang sangat membutuhkan komoditas impor bagi kebutuhan pasar mereka yakni dari Singapura, Chile dan Belanda bulan Pebruari lalu dan sekarang di bulan Oktober adalah Johanessburg, Sao Paulo Brasilia dan Rusia, oleh karenanya mohon dapat dimanfaatkan kehadiran mereka untuk meningkatkan pangsa pasar bapak ibu sekalian” demikian Kadinas dalam kata sambutanya..Lebih lanjut disampaikan oleh Kadinas bahwa ekspor Jawa Tengah ke tiga pasar tersebut kedepan cukup menjanjikan ekspor non migas ke Rusia, Sao Paulo Brasilia dan Johanesburg Afrika Selatan. Untuk tahun 2017 masing-masing tercatat sebesar US$ 15,60 juta Ke Rusia ; US$ 124,81 juta ke Brasilia dan ke Johanesburg sebesar US$ 16,59 juta. Kalau melihat  tahun ini sampai bulan Juni 2018, untuk pasar Rusia tercatat dari US$ 7,37 juta menjadi US$ 8,59 juta atau meningkat sebesar 16,48 %, pasar Brasilia dari US$ 48,80 juta menjadi US$ 71,29 juta atau terjadi peningkatan sebesar 46,06 %  dan pasar Johanesburg dari US$ 7,95 juta menjadi 8,49 juta atau meningkat 6,73 %.

Forum Ekspor dan One On One Meeting dengan ITPC/ Atdag ini  menjadi sangat penting dan strategis bagi dunia usaha di Jawa Tengah. Penting dikarenakan informasi potensi komoditas Jawa Tengah yang akan dibawa oleh Atase dan ITPC dapat memperluas pangsa pasar negara tujuan ekspor. Strategis karena meningkatnya ekspor non migas baik nilai, volume, ragam, negara tujuan ekspor Jawa Tengah akan menambah devisa nasional, membuka peluang berusaha dan membuka kesempatan kerja.  Hal ini merupakan sebuah opportunity bagi pengusaha Jawa Tengah untuk senantiasa mengembangkan usahanya yakni menangkap peluang dari negara-negara atau pasar non tradisional tersebut yang mulai melakukan “perubahan orientasi ekonominya” yakni dari produksi dan ekspor ke konsumsi dan impor. Oleh karenanya pada kesempatan ini diharapkan kepada seluruh peserta dapat memanfaatkan kegiatan untuk berinteraksi, konsultasi atau konfirmasi atau meningkatkan jejaring informasi dengan para nara sumber terhadap berbagai hal yang berhubungan dengan bisnis internasional dengan harapan akan segera ada investasi masuk dan meningkatnya ekspor Jawa Tengah ke pasar global. (iap, 2018)

 

UNDUH MATERI DISINI