DISPERINDAG PROV JATENG
entry image

EDUKASI PUBLIK MENGENAI IMPLEMENTASI MASYARAKAT EKONOMI ASEAN TAHUN 2017


Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah bekerjasama dengan Ditjen Perundingan Perdagangan Internasional, Kementerian Perdagangan RI, menyelenggarakan kegiatan Edukasi Publik Mengenai Implementasi Masyarakat Ekonomi ASEAN Tahun 2017. Kegiatan tersebut dikemas dalam bentuk Focus Group Discussion (FGD) dan Kunjungan lapangan/Field Trip pada tanggal 25 s.d 26 Oktober 2017 di Hotel Pandanaran Semarang. FGD dibuka oleh Sekretaris Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Tengah, Ratna Kawuri, SH.

FGD dibagi dua sesi dengan audiens yang berbeda. Sesi pertama dihadiri oleh para pelaku usaha/ UKM potensial ekspor, dan sesi kedua dihadiri oleh para aparatur pemerintah provinsi dan kabupaten/ Kota, serta para akademisi.

Narasumber yang mengisi FGD dari Ditjen Perundingan Perdagangan Internasional dan Ditjen Perdagangan Luar Negeri Kemendag RI, KADIN Jawa Tengah dan Kantor Bea Cukai Semarang.

“Kami berharap FGD ini dapat membuka wawasan para pelaku usaha terkait dengan arti pentingnya pemberlakuan Masyarakat Ekonomi ASEAN dalam mengembangkan usaha dan pasarnya” jelas Ratna Kawuri, SH., dalam sambutannya selaku Plh. Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Prov. Jateng tanggal 25 Oktober 2017.

Peserta FGD juga berkesempatan mengunjungi PT. Jamu Borobudur yang dilaksanakan pada tanggal 26 Oktober 2017. Bapak Rachmad Sarwono selaku owner dan Direktur Utama PT. Jamu Borobudur memberikan paparan mengenai “Success Story PT. Industri Jamu Borobudur Menembus Pasar Ekspor”. Agenda field trip ini memberi kesempatan bagi para peserta FGD untuk langsung berdialog dengan dewan direksi PT. Industri Jamu Borobudur. Dengan adanya dialog tersebut diharapkan dapat memeberikan motivasi bagi para pelaku usaha untuk lebih giat mengembangkan usahanya hingga menembus pasar ekspor. Pada kunjungan tersebut para peserta juga diberi kesempatan untuk meninjau secara langsung proses produksi pada PT. Industri Jamu Borobudur.