entry image

EKSPORTIR TANGGUH KEMBALI DISELENGGARAKAN UNTUK MENINGKATKAN NILAI EKSPOR DI JAWA TENGAH


Di Tahun 2021 Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Jawa Tengah kembali menyelenggarakan Kegiatan Penilaian Eksportir Tangguh. Untuk mengawali kegiatan tersebut, pada hari Kamis tanggal 25 Februari 2021 dilaksanakan Sosialisasi bertempat di Gedung Dekranasda Pramuka (Despra) Jalan Pahlawan Kota Semarang. Kegiatan tersebut dibuka oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah, yang diwakili oleh Sekretaris Dinas. Dalam sosialisasi tersebut menghadirkan narasumber yang sekaligus tim penilai, masing-masing dari unsur Akademisi (Idris dari Universitas Diponegoro), KADIN Jawa Tengah (Bernadus Arwin), dan Media Masa (Galih Pujo Asmoro dari Tribun Jateng). Dalam sambutan tertulisnya, Kepala Dinas menyatakan bahwa dengan dilaksanakan Kegiatan Penilaian Eksportir Tangguh kali ini, ingin dilihat sejauh mana para pelaku ekspor di Jawa Tengah tetap bisa bertahan dan tangguh, serta memiliki strategi yang jitu dalam menghadapi situasi pandemi yang selama ini terjadi. Kegiatan ini merupakan salah satu cara yang dilakukan oleh pemerintah untuk mencari pelaku usaha yang akan dinobatkan sebagai Eksportir Tangguh.

Dalam penilaian Eksportir Tangguh ini mencakup 3 (tiga) tahapan, yaitu tahapan: administrasi,  presentasi, dan kunjungan lapangan. Para Tim Penilai akan mengkaji secara mendalam para calon-calon Eksportir Tangguh Jawa Tengah Tahun 2021 melalui ketiga tahapan tesebut. Bagi para pemenang Eksportir Tangguh Jawa Tengah Tahun 2021 nantinya diharapkan dapat memberikan motivasi dan teladan bagi para eksportir lainnya, utamanya terkait ketangguhannya, yang dapat dilihat antara lain dari peningkatan kinerja ekspornya, memiliki inovasi, kreativitas, dan daya saing yang tinggi pada produk-produk yang dihasilkan. Para pemenang Eksportir Tangguh akan diusulkan ke Kementerian Perdagangan dalam ajang  penghargaan Primaniyarta, yang merupakan  penghargaan tahunan tingkat nasional.

Setelah selesainya Sosialisasi diharapkan Dinas sektor Perdagangan Kabupaten/Kota dapat menyampaikan informasi tentang Pelaksanaan Kegiatan Eksportir Tangguh ini kepada para perusahaan eksportir di wilayahnya masing-masing, baik perusahaan besar maupun perusahaan kecil/menengah, PMA atau PMDN.