entry image

ENAM PEMENANG EKSPORTIR TANGGUH JAWA TENGAH 2018


Semarang (Rabu, 15/08/2018), Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah menyerahkan piala Eksportir Tangguh kepada keenam pemenang eksportir Jawa Tengah yang memiliki keuletan/ketangguhan dan berprestasi dibidang ekspor.

“Mereka merupakan perusahaan ekspor terpilih dan terbaik dari 33 perusahaan di 16 Kab/Kota Jawa Tengah. Pemenang terbagi menjadi 2 kategori, yaitu Perusahaan Besar dan Perusahaan Kecil/Menengah dengan masing – masing 3 pemenang. Selanjutnya, harapan kami, keenam eksportir tersebut dapat menjadi inspirasi untuk memotivasi eksportir lainnya di Jawa Tengah agar meningkatkan ekspornya yang berdampak pada peningkatan volume dan nilai ekspor non migas Jawa Tengah” ungkap Kepala Dinas Perindustrian dan Perdaganangan Jawa Tengah, M.Arif Sambodo yang juga mendampingi para juara I penerimaan piala pada saat peringatan hari jadi Pemerintah Provinsi Jawa Tengah ke 68 di lapangan Pancasila, Simpang Lima Semarang oleh Gubernur Jawa Tengah.

Pemenang untuk kategori Perusahaan Besar adalah Pertama PT. Mas Sumbiri (Kabupaten Kendal); Kedua PT. Karya Cipta Unggul Nusantara (Kabupaten Demak); dan Ketiga PT. Retota Sakti (Kabupaten Magelang).

Kategori Perusahaan Kecil/Menengah, peringkat pertama diraih oleh PT. Mahkota Tri Angjaya (Kabupaten Purbalingga); Kedua PT. Selektani Induk Usaha (Kota Salatiga); dan Ketiga PT. Retota Sakti (Kabupaten Magelang).

Dalam menentukan pemenang Eksportir Tangguh 2018, Tim Disperindag Prov. Jateng dibantu oleh Tim Penilai yang merupakan para ahli di bidang ekonomi ekspor impor dan perdagangan, berasal dari KADINDA Jawa Tengah, Akademisi UNDIP Fakultas Ekonomi, dan Media Massa Suara Merdeka.

“Penilaian mencakup administrasi maupun kunjungan lapangan, selanjutnya Tim bersama-sama menentukan pemenang yang dituangkan dalam Berita Acara. Jadi pemenang benar – benar qualified dan objective, karena perjuangan mereka terus berlanjut yang akan kami ikutsertakan ke Penilaian Primaniyarta tingkat nasional.” lanjut M. Arif Sambodo, saat menutup acara penyerahan penghargaan lomba tingkat Provinsi Jawa Tengah Tahun 2018 di Gedung Despra Semarang.

Salah satu bentuk apresiasi dari Pemerintah Jawa Tengah kepada eksportir yang berprestasi ini, diharapkan dapat menambah jumlah eksportir yang tangguh, berdaya saing tinggi dan mampu bertahan ditengah persaingan global, serta meningkatkan nilai ekspor Jawa Tengah dan berdampak terhadap penyerapan tenaga kerja di Jawa Tengah.