entry image

Export Coaching Program Training of Exporters (TOX)


Di Semarang tanggal 22-24 Maret 2021 Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah bekerjasama dengan Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Ekspor Indonesia (PPEI) Direktorat Jendral Pengembangan Ekspor Nasional (DJ PEN) Kementrian Perdagangan telah melaksanakan kegiatan Export Coaching Program Training of Exporters (TOX). Kegiatan ini merupakan tahap kedua dari rangkaian kegiatan pendampingan ekspor yang direncanakan akan berlangsung sepanjang tahun 2021 dalam delapan tahapan.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Hotel Gets Semarang lantai 2, yang mana dihadiri oleh 30 peserta ukm yang telah lolos seleksi dari tahap sebelumnya. Namun karena kegiatan ini dilaksanakan masih di saat pandemic, mengharuskan peserta hadir dengan tetap mengikuti protokol kesehatan. kegiatan ini dibagi menjadi 3 batch yaitu  peserta di hari pertama di isi dengan sesi Persiapan Ekspor (Ready to Export) dan sesi Pengembangan Pasar , di hari kedua di isi dengan sesi Roundtable Discussion dan di hari ketiga di isi dengan sesi Individual Coaching.

Narasumber dari Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Ekspor Indonesia (PPEI) Direktorat Jendral Pengembangan Ekspor Nasional (DJ PEN) Kementrian Perdagangan. Melalui kegiatan kali ini peserta dapat diharapkan memahami tentang Persiapan Ekspor, melakukan Pengembangan Pasar Ekspor dan Penetrasi Pasar Ekspor.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah pada sambutannya berharap Kegiatan coaching program ini dapat memberikan kontribusi dalam menghidupkan kembali aktivitas perekonomian Jawa Tengah yang sempat terpuruk akibat pandemi Covid-19. Pandemi bukanlah halangan dan tatanan kehidupan baru (new normal) saat ini kita jadikan sebagai tantangan dalam membangun kemampuan bisnis untuk mendapatkan buyer-buyer potensial di berbagai negara.