DISPERINDAG PROV JATENG
entry image

FGD : "E-commerce Menjadi Tulang Punggung Ekonomi Nasional"


Di Era Ekonomi Digital ini pertumbuhan perdagangan melalui industri E-commerce justru semakin pesat di bandingkan dengan perdagangan secara konvensional di tengah perlambatan laju ekonomi tanah air. ”bukan tak mungkin nantinya E-commerce dapat menjadi salah satu tulang punggung perekonomian nasional”.

Penyelenggaraan pemberdayaan konsumen memegang peranan yang penting terhadap pertumbuhan perekonomian daerah di era pasar bebas sekarang ini. Artinya bahwa konsumen perlu didorong keberdayaannya menjadi subyek dalam perdagangan, dimana tidak hanya paham terhadap hak dan kewajibannya tetapi selanjutnya juga harus mampu menentukan pilihan terbaik dalam hal penggunaan produk dalam negeri. Kesadaran konsumen yang mengedepankan pada kualitas produk, akan mendorong kualitas pertumbuhan industri manufaktur yang berdaya saing dan selanjutnya tentunya akan meningkatkan perekonomian daerah.

Bidang Standardisasi dan Perlindungan Konsumen melalui Seksi Perlindungan Konsumen Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan Kegiatan Forum Dialog Perlindungan Konsumen dengan Perguruan Tinggi Semarang dengan mengambil tema “Konsumen Cerdas di Era Ekonomi Digital”. Kegiatan ini dilaksanakan pada Hari Rabu Tanggal 11 Juli 2018 di Hotel Muria Jalan Dr. Cipto No. 73 Semarang yang diikuti oleh 100 (seratus) orang peserta mahasiswa yang berasal dari Universitas Diponegoro Semarang, Universitas Sultan Agung Semarang, Universitas Negeri Semarang, Universitas Dian Nuswantoro Semarang dan Universitas Tujuh Belas Agustus Semarang serta Perguruan Tinggi lainnya. Kegiatan Forum Dialog Perlindungan Konsumen di buka secara resmi oleh Bapak Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah. Kegiatan ini diisi oleh 3 (tiga) orang Narasumber : Titi Herwati S, SH. M.Hum dari BPSK Kota Semarang dengan materi Menuju Konsumen Cerdas di Era Ekonomi Digital , Affandy, Ph. D dari Universitas Dian Nuswantoro Semarang dengan materi Konsumen Cerdas di Dunia Ekonomi Digital dan Eko Suseso HRM, SE. MM. PFC dari Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga dengan materi Edukasi Konsumen Cerdas Bagi Mahasiswa di Era Digital.

Kegiatan Forum Dialog Perlindungan Konsumen dengan mahasiswa bertujuan untuk membentuk kader generasi masa depan yang sadar dan paham akan perlindungan konsumen sejak dini sehingga edukasi konsumen cerdas ke depannya tidak hanya mengandalkan peran pemerintah, tetapi juga masyarakat luas khususnya generasi muda serta untuk memberikan pendalaman yang lebih mengenai Undang-Undang No.8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen.

Hal ini perlu segera disikapi dengan kegiatan yang sistematis agar pelaksanaan perlindungan konsumen kedepan tetap terjaga. Karena permasalahan sengketa konsumen saat ini semakin banyak dan membutuhkan langkah penanganan yang nyata. Pada umumnya, konsumen berada dalam posisi yang lemah, baik secara ekonomis, psikologis dan pengetahuan disbanding pelaku usaha. Dan point utama dari sengketa konsumen umumnya berawal dari informasi yang tidak diterima secara benar dan tepat, sehingga pemahaman transaksi barang dan atau jasa menjadi berbeda. Hal ini tentunya sangat mudah dan lebih baik diselesaikan secara musyawarah, tanpa harus menerapkan aturan hukum dan sanksi.