instagram takipçi hilesi instagram beğeni hilesi instagram takipçi hilesi instagram takipçi hilesi instagram beğeni hilesi instagram beğeni hilesi
 DISPERINDAG PROV JATENG
entry image

FORUM PERANGKAT DAERAH, SEKTOR INDUSTRI DAN PERDAGANGAN


Forum Perangkat Daerah, sektor Industri dan Perdagangan, dalam rangka penyusunan rancangan rencana kerja tahun 2020 telah selesai dilaksanakan pada Jumat, 8 Maret 2019. Bertempat di Aula Lt.5 Disperindag, kegiatan dibuka oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Prov. Jawa Tengah, sekaligus menyampaikan paparan rancangan kerja Tahun 2020. Hadir sebagai pembicara yaitu Ketua Komisi B DPRD Prov. Jawa Tengah, Staff ahli Gubernur bidang ekonomi, keuangan dan pembangunan, Kepala BAPPEDA Prov. Jawa Tengah dan Ketua KADIN Jawa Tengah. Dihadiri oleh seluruh pejabat struktural eselon III dan eselon IV di lingkungan Dinas Perindag Prov. Jawa Tengah, OPD rumpun ekonomi di lingkup pemerintah Prov. Jawa Tengah, perwakilan pelaku industri dan perdagangan, asosiasi industri dan perdagangan, komunitas industri kreatif, dan rumah difabel.   

Maksud kegiatan ini adalah untuk memperoleh masukan dalam rangka penajaman target kinerja sasaran, program dan kegiatan, lokasi dan kelompok sasaran dalam rancangan kerja perangkat daerah tahun 2020. Sedangkan tujuan dilaksanakan Forum Perangkat Daerah diantaranya meyelaraskan program dan kegiatan antar perangkat daerah, nasional dan kab/kota dalam rangka pencapaian sasaran pembangunan nasional dan daerah. Yang kedua yaitu mempertajam indikator serta target kinerja program dan kegiatan sesuai tupoksi perangkat daerah dengan memperhatikan rancangan awal RKPD dan rancangan RKP. Ketiga adalah untuk menyelaraskan pendanaan indikatif program dan kegiatan perangkat daerah.

Ketua Komisi B DPRD Provinsi Jawa Tengah, H.M. Hamim Irfani menyampaikan revolusi industri 4.0 harus dapat diimplementasikan pada sektor industri di Jawa Tengah, sehingga dapat meningkatkan daya saing. Selain itu, beliau mengharapkan agar sentra industri daerah harus digarap dengan maksimal, seperti sentra industri alkohol di Desa Bekonang, Kec. Mojolaban, Kab. Sukoharjo yang masih memerlukan bantuan restrukturisasi mesin produksi untuk meningkatkan kualitas produk alkohol. Kadin Jawa Tengah yang diwakili oleh Ir. H.M. Wiradadi Soeprayogo mengharapkan agar dunia usaha mempunyai peran dalam mendorong percepatan pembangunan industri diantaranya dengan lebih inovatif, spektakuler, modal kehandalan dan dapat merubah potensi biasa menjadi potensi unggul. Sebagai pelaku industri mebel, beliau berharap bahwa di Jawa Tengah dapat dibangun kawasan industri khusus kayu/mebel, karena kayu/mebel merupakan salah satu produk ekspor non migas Jawa Tengah.  

Beberapa usulan hal yang disampaikan oleh peserta dalam forum perangkat daerah diantaranya adalah :

1. Kegiatan penumbuhan wirausaha baru dapat lebih diperbanyak secara kualitas dan kuantitasnya;

2. Dapat diciptakan kegiatan untuk kawan difabel, yang produknya dapat berstandar ekspor;

3. Dilaksanakan forum temu IKM dengan eksportir di wilayah eks karisidenan Jawa Tengah;

4. Peningkatan teknologi industri minuman keras agar menambah grade hasil produknya;

5. Dari asosiasi industri pengolahan ikan berharap, agar dapat dibantu dalam strategi pemasaran dan packing produk;

6. Peningkatan kompetensi SDM wirausaha baru bagi industri kreatif;