DISPERINDAG PROV JATENG
entry image

FTA (Free Trade Agreement) Center Semarang Resmi Beroperasi


Dengan dibukanya pelayanan FTA (Free Trade Agreement) Center Semarang diharapkan dapat berkontribusi dalam memberikan pelayanan yang tentunya dapat dimanfaatkan bagi siapa saja yang membutuhkan tanpa adanya pungutan biaya apapun. Pelayanan yang dimaksud dapat berupa konsultasi, advokasi hingga pendampingan ekspor yang ditargetkan untuk pelaku usaha yang memiliki orientasi ekspor, baik dari UKM maupun eksportir yang ingin melakukan penetrasi ekspor ke pasar baru. Pelayanan dapat dilakukan dengan datang secara langsung ke FTA Center Semarang yang beroperasi di Lantai 3 Kantor Disperindag Prov. Jateng.  FTA Center dapat juga dimanfaatkan untuk bertanya ataupun berkonsultasi terkait potensi perdagangan ekspor di Luar Negeri.

FTA Center Semarang diharapkan dapat berperan dalam memberikan pelayanan konsultasi, edukasi dan advokasi tentang perjanjian perdagangan bebas yang telah dilakukan oleh Indonesia dengan negara-negara mitra dagang sesuai dengan bentuk kerjasama perdagangan yang telah disepakati: Free Trade Agreement (FTA), Preferential Trade Arrangement (PTA), Trade in Goods Agreement (TIGA) dan Comprehensive Economic Partnership Agreement (CEPA). Dengan kata lain, FTA Center ini nantinya dapat mendorong masyarakat khususnya dunia usaha dalam memahami dan memanfaatkan FTA untuk mengembangkan usahanya hingga menembus pasar global. Dengan tenaga ahli yang akan bertugas pada bidangnya masing-masing terdiri dari bidang akses pembiayaan dan prosedur ekspor, bidang implementasi perjanjian perdagangan internasional, serta bidang promosi dan pemasaran. Para tenaga ahli ini nantinya juga diharapkan dapat menyelenggarakan berbagai macam program seperti sosialisasi, pelatihan atau coaching clinic yang dapat membantu para pelaku usaha dalam menembus pasar ekspor dan juga meningkatkan awareness dalam berwirausaha di tingkat internasional.

Pendampingan yang diberikan oleh FTA Center diharapkan dapat memfasilitasi pelaku usaha khususnya UKM dan eksportir Jawa Tengah hingga benar-benar siap terlibat dalam perdagangan pasar global misalnya pada UKM yang bergerak di segmen makanan dan minuman yaitu dengan memastikan kualitas, packaging dan labeling produk yang dimiliki terjaga baik dan memiliki daya saing di pasar mancanegara. Dengan kondisi ekspor tersebut kami harapkan keberadaan FTA Center Semarang dapat memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan ekspor Jawa Tengah sekaligus memunculkan eksportir-eksportir baru dan memaksimalkan pemanfaatan perjanjian perdagangan bebas sehingga akan membawa dampak positif bagi pulihnya perekonomian di Jawa Tengah.

FTA Center Semarang didirikan agar dapat menjadi mitra kerja yang efektif dan efisien antara Dinas Perindag Prov. Jateng dengan perwakilan dagang Indonesia di Luar Negeri seperti Atase Perdagangan (Atdag) dan Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) juga pemerintah pusat (Kementerian Perdagangan), Disamping itu peran Perguruan tinggi juga diharapkan dalam turut serta memberikan kontribusi yang nyata melalui pengelolaan dan ide-ide kreatifnya bersama dengan para tenaga ahli dan tenaga pendukungnya.