DISPERINDAG PROV JATENG
entry image

Gelar Produk Industri Logam Jawa Tengah 2016


Hingga saat ini belum semua produk dari IKM logam Jawa Tengah mampu bersaing secara nasional, diantaranya karena desainnya dan kualitasnya relatif masih rendah. Oleh karenanya industri logam Jawa Tengah perlu terus didorong dan dikembangkan agar bisa menghasilkan produk yang semakin baik dan meningkat desain maupun kualitasnya sehingga mempunyai daya saing dan akses pasar yang lebih luas. Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah telah beberapa kali menyelenggarakan Gelar Produk Industri Logam sebagai ajang promosi bagi IKM, dan tahun ini kita adakan lagi kegiatan promosi dalam kegiatan berupa “Gelar Produk Industri Logam Jawa Tengah 2016” yang akan berlangsung dari tanggal  13 s/d 15 Mei 2016 bertempat di JAVA Mall Lantai I, Jln. MT. Haryono, Peterongan, Semarang. Kali ini kita angkat tema Produk Lokal Kualitas Global“, yang menggambarkan kemampuan dan potensi daerah dalam penguasaan teknologi rancang bangun dan rekayasa industri logam dan mesin di semua aspek pembangunan di Jawa Tengah.

Peserta yang akan mengikuti Gelar Produk Industri Logam Jawa Tengah berjumlah 50 perusahaan berasal dari Kabupaten/Kota di Jawa Tengah.  Produk yang akan ditampilkan mencakup beberapa kategori, yaitu :

1.    Alat Rumah Tangga (produk pisau stainless, alat–alat rumah tangga berbahan dasar logam, dll);

2.    Mesin Teknologi Tepat Guna (mesin furniture, mesin perajang tembakau, Alat kesehatan dll);

3.    Kerajinan Logam (aneka kerajinan dari logam, lampu tembaga / kuningan, vas bunga dari kuningan/tembaga);

4.    Riset dan Teknologi (robot, alat bor tanah, hasil kreatifitas elektronika, dll);

5.    Otomotif (sepeda motor, knalpot dan komponen otomotif lainnya);

6.    Asesoris (barang-barang seni, perhiasan termasuk emas, komponen pemadam kebakaran, komponen kapal).

Dengan diselengggarakannya Gelar Produk Industri Logam Jawa Tengah 2016 dengan tema ”Produk Lokal Kualitas Global” diharapkan dapat memberi motivasi bagi para pelaku usaha yang bergerak di bidang industri logam semakin bergairah dan bersemangat dalam mengembangkan usahanya, sehingga produk logam asal Jawa Tengah semakin meningkat mengikuti standar kualitas/mutu yang sesuai dan diharapkan mampu bersaing di pasar nasional maupun pasar internasional. Hal ini dapat diwujudkan apabila pemerintah, dunia usaha dan masyarakat mempunyai komitmen yang sama untuk mendorong dan mengembangkan industri logam, sehingga dimungkinkan industri logam akan memberi harapan yang lebih baik di masa yang akan datang.