DISPERINDAG PROV JATENG
entry image

HET BERAS DAN KEWAJIBAN PENCANTUMAN LABEL KEMASAN BERAS


Pengawasan dilaksanakan di Kota Pekalongan dan Kabupaten Kudus (mengambil sample lokasi di Pasar Baru Wergu Kabupaten Kudus).

Pengawasan dimaksudkan untuk mengetahui apakah terhadap kebijakan yang telah ditetapkan terkait bahan pokok beras sudah terimplementasi dengan baik yaitu terkait ketentuan HET serta pelabelan Jenis Beras pada kemasannya.

 

Kepada Pelaku usaha yang melakukan perdagangan beras ditekankan untuk memenuhi ketentuan HET Beras yaitu:

  • Rp 9.450,- untuk jenis Medium
  • Rp 12.800,- untuk jenis Premium

Selanjutnya juga harus tertera label pada kemasan Berasnya apakah jenis Medium atau jenis Premium.

    

Dari hasil pengamatan terhadap beras yang dikemas baik ukuran 25 kg atau 5 kg sudah terdapat label jenis beras pada kemasannya.

Namun terdapat pula yang belum mencantumkan label dimaksud (hanya tertulis merk beras). Pelaku usaha / Pedagang beras diminta bisa saling menginformasikan kepada pihak produsen beras agar untuk selanjutnya ketentuan kewajiban mencantumkan label tersebut dapat dipenuhi dengan baik, sehingga masyarakat konsumen mengetahui mutu dari beras yang dibelinya.

Pengawasan juga dilakukan terhadap produsen beras dengan mengambil sampai lokasi di Kabupaten Demak dengan tujuan untuk memberikan pemahaman kepada para produsen beras terhadap Permendag yang telah diterbitkan tersebut.

Pada dasarnya pihak produsen beras sudah mengetahui dan akan berupaya menerapkan aturan tersebut.