DISPERINDAG PROV JATENG
entry image

JAWA TENGAH PROMOSIKAN FURNITURE DARI HANDICRAFT DALAM TRADE EXPO INDONESIA (TEI) 2017


Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah mempromosikan produk furniture dan handicraft dalam pameran Trade Expo Indonesia (TEI) 2017 ke-32 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City Banten pada tanggal 11 – 15 Oktober 2017. TEI 2017 diresmikan oleh Presiden RI Bapak Ir. Joko Widodo didampingi oleh Menteri Perdagangan Republik Indonesia Bapak Drs Enggartiasto Lukito, yang menampilkan lebih dari 300 produk dan jasa unggulan dari seluruh daerah di Indonesia. Ada tujuh zona produk potensial dan unggulan nasional. Zona-zona tersebut adalah Furniture and Furnishing, Fashion, Craft and Creative Products, Premium Products, Strategic Industries, Manufacturing Products and Services, Food and Beverages, dan Province Premium Products.

Rangkaian acara peresmian TEI 2017 diawali dengan Penganugerahan Primaniyarta dan Primaduta award 2017. Primaniyarta merupakan penghargaan tertinggi yang di berikan pemerintah Indonesia kepada Eksportir yang dinilai paling berprestasi dan dapat menjadi tauladan bagi eksportir yang lain. Sedangkan Primaduta award 2017 merupakan penghargaan dari kementerian Perdagangan yang diberikan kepada importer yang mengimpor produk Indonesia secara rutin dan besar. Penghargaan ini diberikan dalam rangka untuk merangsang pertumbuhan ekspor nasional dan menjaga hubungan dagang antara eksportir dan importer.

Prestasi membanggakan bagi Jawa Tengah ada 6 (enam) perusahaan yang menjadi pemenang Primaniyarta 2017, yaitu:

Penyelenggaran TEI 2017 mengangkat tema “GLOBAL PARTNER FOR SUSTAINABLE RESOUCES” yang artinya bahwa  produk - produk yang dipamerkan sebagian besar mengedepankan kepatuhan terhadap standar internasional, terutama dalam aspek lingkungan dan sosial. Pada kesempatan ini Presiden RI juga menyampaikan dua  arahan dalam pidatonya yaitu membuka pasar baru untuk ekspor dan memperbaiki desain produk  packaging.

“Pemerintah Provinsi Jawa tengah bangga menjadi bagian dari TEI 2017, kami dapat menawarkan produk - produk ekspor terbaik dari jawa Tengah  guna mengembangkan bisnis ekspor bagi pelaku usaha yang makin luas dan beragam. Kami berharap para pelaku usaha dapat merealisasikan kontak dagang dari beberapa order potensial para buyer yang tengah melakukan kunjungan lapangan ke masing – masing perusahaan”, penjelasan kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah, M Arif Sambodo yang juga ikut mendampingi pelaku usaha di ICE BSD City Banten.