403 Forbidden

Request forbidden by administrative rules.  DISPERINDAG PROV JATENG
entry image

KEBIJAKAN DAN IMPLEMENTASI REX SYSTEM


Semarang, 13 Pebruari 2020 Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah mengadakan BIMBINGAN TEKNIS PEMANFAATAN FREE TRADE AGREEMENT “KEBIJAKAN DAN IMPLEMENTASI REX SYSTEM”. Kegiatan Bimbingan Teknis ini merupakan kegiatan sosialisasi dari kebijakan dan implementasi rex system yang berlaku di Uni Eropa bagi para pelaku usaha eksportir Indonesia. Acara tersebut dibuka oleh Kepala Bidang Perdagangan Luar Negeri Prov Jateng dan dilaksanakan di Aula Dinas Lt. 5 dengan menghadirkan narasumber dari Kasubdit Keterangan Asal Barang Direktorat Fasilitasi Ekspor dan Impor Kementerian Perdagangan (Ibu Herni Synthia), PT Electronic Data Interchange Indonesia (EDII) (Sati Ferdi- Manager), dan Kantor Wilayah Bea Cukai DIY-Jawa Tengah (Padmoyo Tri Wikanto– Kepala Kantor).
 
 
Diharapkan melalui kegiatan bimtek ini, para pelaku usaha eksportir memahami prosedur yang berlaku dalam pengajuan preferensi tarif ke uni eropa melalui Rex System. kami harapkan agar fasilitas pemberian preferensi melalui sistem berbasis online yaitu Rex System dapat lebih meningkatkan kinerja ekspor Indonesia khususnya Jawa Tengah. Sebagaimana diketahui, Rex System merupakan sistem Sertifikasi Mandiri pada skema Generalized System of Preferences (GSP)-EU untuk Eksportir Teregistrasi (ER). Pada Sistem tersebut, Eksportir Teregistrasi dapat membuat permohonan Deklarasi Asal Barang (DAB) sendiri dengan membubuhkan pernyataan asal barang pada dokumen komersial yang dikeluarkan oleh perusahaan yaitu invoice dan packing list. Dengan demikian, perusahaan lebih efisien waktu, tenaga, dan biaya dalam pengurusan preferensi GSP-EU yang dikarenakan dalam penerbitan DAB untuk setiap shipment dilakukan tanpa melalui pembelian blanko dan persetujuan dari IPSKA.
 
 
Masa transisi implementasi DAB mulai 1 Januari 2020 sampai dengan 30 Juni 2020, secara pararel masih dipersilahkan menggunakan form A GSP-EU. Sedangkan mulai 1 Juli 2020 berlaku Deklarasi Asal Barang – Rex System secara Mandatory (wajib). Oleh karena itu, melalui kesempatan kegiatan hari ini, diharapkan para pelaku eksportir khususnya tujuan Uni Eropa dapat mempelajari kebijakan dan implementasi DAB yang akan diberikan oleh para Narasumber yang menangani dan berkompeten dalam hal tersebut.
 
 
Link materi: http://bit.ly/rexsystem13feb