DISPERINDAG PROV JATENG
entry image

KOMPETISI PASAR RAKYAT 2017


Kegitan Kompetisi Pasar Rakyat 2017 bertujuan untuk mempersiapkan pengembangan Pasar Rakyat yang Bersih, Aman, Nyaman dan Berkeadilan. Sebelum Kompetisi Pasar Rakyat dimulai maka diselenggarakan Sosialisasi Kompetsi Pasar Rakyat yang dilaksanakan pada Jumat 9/6/2017 yang bertempat di Aula Lt. 5 Gedung Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah merupakan langkah awal dalam rangkaian kegiatan Kompetisi Pasar rakyat , dalam kesempatan tersebut dihadiri oleh Kepala Pasar dan Pejabat Dinas yang membidangi pasar se Jawa Tengah diberikan technical meeting guna penyelarasan informasi mengenai pokok –pokok penilaian dalam Kompetisi Pasar Rakyat.  Beberapa hal yang menjadi point penting dalam penilaian dan penjabarannya yaitu :

 

Pasar yang Bersih

Unsur yang dicakup dalam pasar bersih adalah tidak terlihat sampah terutama pada saat pasar beoperasi, tidak berbau yang tidak sedap di segala penjuru pasar yang hanya terwujud apabila ada dukungan dari ketersediaan tempat-tempat sampah yang cukup memadai jumlahnya dan tempat penampungan sampah sementara (TPS) yang tempatnya terpisah dari lokasi

 

Pasar yang Nyaman

Pasar yang nyaman apabila akses ke pasar tersebut cukup memadai yakni pintu-pintu masuk dan tangga-tangga yang bebas halangan dari para pedagang yang berjualan di tempat tersebut dan juga bebas dari parkir kendaraan yang biasanya banyak diparkir di depan pintu pasar bahkan di gang pintu masuk. Di banyak pasar tradisional dijumpai para pedagang “oprokan” atau PKL (yang tidak memiliki lapak/kios di pasar) berjualan di sekitar pintu sehingga menyulitkan para pengunjung pasar untuk masuk ke dalam pasar.

 

Pasar yang Aman

Pasar yang aman dilihat dari sisi aman dari hal-hal yang bersifat criminal (pencurian atau perampokan dan pencopetan) dan tidak rawan dari bahaya kebakaran. Selain hal tersebut diatas aman juga diartikan bebas dari pangan yang mengandung bahan berbahaya seperti formalin borak zat pewarna tekstil dan bahan berbahaya jenis lainnya

 

Pasar yang Berkeadilan

Pasar yang berkeadilan diartikan sebagai para pedagang dan pembeli terjamin mendapatkan haknya masing-masing. Bagi para pedagang, mereka semuanya mendapatkan hak yang sama untuk dapat dikunjungi oleh para pengunjung pasar, dalam arti tidak ada lapak/kios yang sepi pengunjung sehingga juga sepi pembeli karena letaknya yang bukan pada lorong/gang utama atau terletak pada los yang tidak nyaman untuk dikunjungi karena becek, kotor, gelap, bau dan sebagainya. Selain itu para pedagang juga terbebas dari persaingan yang datangnya dari pasar modern yang letaknya terlalu dekat dengan pasar yang bersangkutan dan para PKL yang berjualan di sekitar pasar. Para pedagang juga membayar restribusi pasar sesuai dengan fasilitas dan layanan yang diperolehnya, berarti tidak ada pungutan lain (liar) di luar itu yang dikenakan kepada para pedagang dengan alasan apa pun.

Bagi para pembeli, mereka terjamin mendapatkan barang yang dibelinya dengan ukuran, timbang dan takar untuk satuan panjang, berat dan volume yang benar dan legal, karena ketika para pedagang berjualan menggunakan alat ukur, timbang dan takar yang sudah ditera terlebih dahulu secara berkala. Di samping itu, apabila terjadi keragu-raguan terhadap ukuran, timbangan dan takaran dari barang-barang yang sudah dibelinya, maka pihak pembeli dapat meminta untuk diukur atau ditakar ulang di pos ukur

 

Manajemen Pengelola Pasar

Pada umumnya struktur organisasi pengelola pasar sebatas penanganan Kebersihan, Keamanan dan Restribusi Pasar. Ketiga jenis pekerjaan ini dianggap merupakan tugas utama pengelola pasar. Di sini tidak dijumpai penanganan tugas hubungan antara pedagang dengan pihak pengelola pasar dan hubungan antara pihak pengelola dengan para pengunjung pasar. Padahal penanganan hubungan pihak pengelola dengan pihak pedagang dan pengujung yang dapat dikatakan kelompok pengguna jasa pelayanan pasar sangat penting, mengingat pihak pengelola harus mengumpulkan informasi dan mendengar masukan dari para pengguna jasa guna mengetahui pendapat mereka terhadap jasa layanan pasar yang telah mereka manfaatkan.

 

Bagi para Pemenang Kompetisi Pasar ini akan mendapatkan piagam, Piala, dan Uang Pembinaan total 33 Juta Rupiah sebagai penyemangat dalam membenahi Pasar mejadi yang lebih baik Pasar Bersih, Aman, Nyaman dan Berkeadilan.