entry image

Konsumen Cerdas di Era Ekonomi Digital : Disperindag Melakukan Sosialisasi Terkait Perlindungan Konsumen


Di Era Ekonomi Digital ini pertumbuhan industri e-commerce justru semakin pesat di tengah perlambatan laju ekonomi tanah air. ”bukan tak mungkin nantinya e-commerce dapat menjadi salah satu tulang punggung perekonomian nasional”. Sosialisasi bagi Pelaku Usaha diharapkan dapat meningkatkan dan memperluas pengetahuan pelaku usaha dalam menerapkan perlindungan konsumen. Sedangkan sosialisasi perlindungan konsumen bagi pelajar bertujuan untuk membentuk kader generasi masa depan yang sadar dan paham akan perlindungan konsumen sejak dini sehingga edukasi konsumen cerdas ke depannya tidak hanya mengandalkan peran pemerintah, tetapi juga masyarakat luas khususnya generasi muda.

Hal ini perlu segera disikapi dengan kegiatan yang sistematis agar pelaksanaan  perlindungan konsumen kedepan tetap terjaga. Karena permasalahan sengketa konsumen saat ini semakin banyak dan membutuhkan langkah penanganan yang nyata. Pada umumnya, konsumen berada dalam posisi yang lemah, baik secara ekonomis, psikologis dan pengetahuan dibanding pelaku usaha. Dan point utama dari sengketa konsumen umumnya berawal dari informasi yang tidak diterima secara benar dan tepat, sehingga pemahaman transaksi barang dan atau jasa menjadi berbeda. Hal ini tentunya sangat mudah dan lebih baik diselesaikan secara musyawarah, tanpa harus menerapkan aturan hukum dan sanksi. 

Peran Badan Perlindungan Sengketa Konsumen sangat penting dalam mendorong keberdayaan dan sebagai wadah  perlindungan bagi konsumen dan sebagai salah satu lembaga alternatif penyelesaian sengketa di luar pengadilan yang lebih mengedepankan prinsip musyawarah untuk mencapai mufakat, mudah, murah dan cepat