DISPERINDAG PROV JATENG
entry image

MANFAATKAN LIMBAH ORGANIK SEBAGAI BAHAN ALTERNATIF PAKAN IKAN


Pengelolaan sampah sering menjadi permasalahan, terutama limbah rumah tangga maupun limbah pasar. Seiring dengan terus meningkatnya jumlah penduduk, limbah yang dihasilkan pun semakin meningkat sehingga dapat mengganggu kesehatan lingkungan dan masyarakat sekitar. Untuk itu dibutuhkan upaya untuk mengurangi dampak tersebut. Salah satunya adalah dengan mengolah limbah organik sebagai bahan alternatif dalam pembuatan pakan ikan.

“Ketika limbah yang hampir tidak bernilai ekonomis dapat dimanfaatkan sebagai bahan pakan ikan maka tentunya akan meminimalkan pengeluaran biaya pakan” kata Muhammad Rafik Sabdjan saat menyampaikan materi pada kegiatan Penerapan Teknologi Tepat Guna dalam Pengolahan Limbah Organik menjadi Pakan Ikan yang diselenggarakan dari tanggal 15 sampai 19 Mei 2017 di BPSDM TAN BUN Kabupaten Temanggung. Dalam kegiatan tersebut, para peserta yang berasal dari temanggung, magelang, wonosobo dan purworejo di beri keterampilan dalam pengolahan limbah organik menjadi pakan ikan dengan menggunakan mesin tepat guna dengan harapan dapat diterapkan di daerah masing – masing peserta sehingga dapat mendorong ketersediaan pakan ikan dengan harga murah.

Disaat harga pakan ikan pabrikasi semakin meningkat, pengolahan limbah organik sebagai bahan pembuatan pakan ikan merupakan solusi yang tepat. Dengan teknik pengolahan dan mesin produksi yang tepat, diharapkan kualitas pakan ikan yang dihasilkan dapat bersaing di pasaran dengan harga yang lebih terjangkau.