entry image

MENDORONG PRODUKSI PAKAN IKAN MURAH


Description: D:\Arif\2016\Kegiatan 2016\Cukai\Pembuatan Pakan Ikan di tegal-juli\New folder\IMG-20160510-WA0002.jpgTegal, Riez Palace Hotel Senin (09/5) – Semakin mudahnya akses informasi saat ini menimbulkan kesadaran masyarakat untuk memenuhi dan meningkatkan kebutuhan gizi makanan yang diperoleh dari protein hewani dari ikan semakin hari semakin meningkat. Kondisi ini menciptakan peluang pasar lokal/domestik yang cukup besar disamping pasar eskpor yang sudah tersedia, yaitu dengan ditandai dengan meningkatnya jumlah industri kecil dan menengah di bidang makanan berbahan ikan. Hal tersebut mendorong semakin meningkatnya permintaan ikan dipasaran sehingga perkembangan budidaya ikan berpotensi meningkat.

Potensi sumber daya alam yang ada belum dikelola dengan optimal, berupa kawasan yang bisa dikembangan menjadi kawasan budidaya masih tersedia cukup besar. Namun kondisi dilapangan, harga pakan ikan semakin meningkat sehingga menimbulkan keresahan para petani ikan dalam menjalankan usahanya. Kondisi ini mempengaruhi beberapa petani ikan yang enggan untuk melakukan usaha budidaya karena takut gagal dan rugi. Hal tersebut akan menyebabkan terhambatnya pertumbuhan industri kecil dan menengah khususnya yang berbahan baku pokok ikan. Solusi yang tepat sangat diperlukan dalam menurunkan biaya produksi yaitu dengan cara memproduksi pakan ikan secara mandiri dengan skala kecil dan sederhana, memanfaatkan teknologi tepat guna yang berkembang serta pemanfaatan bahan baku pakan lokal yang tersedia di lingkungan sekitar.

Dalam upaya untuk meningkatkan pemanfaatan potensi daerah, penerapan teknologi tepat guna serta keterampilan masyarakat di wilayah industri hasil tembakau, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah melalui Balai Pengembangan Teknologi IKM menyelenggarakan “Pelatihan Pembuatan Pakan Ikan Berbasis Teknologi Tepat Guna Bagi Masyarakat di Wilayah IHT”.

Pelatihan tersebut dibuka pada hari Senin, Tanggal 09 Mei 2016 di Riez Palace Hotel    Jl. Gajahmada No. 75 Tegal. Peserta berjumlah 30 orang yang berasal dari Kab. Tegal, Kab. Brebes, Kab. Pemalang, Kab. Pekalongan dan Kota. Pekalongan. Pelatihan tersebut dibuka oleh Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi Kabupaten Tegal Ir. Bambang Susanto, MM.

Adapun tujuan dari kegiatan pelatihan tersebut adalah untuk mendorong pertumbuhan wirausaha baru, meningkatkan penerapan teknologi tepat guna, serta mendorong inovasi dan perkembangan teknologi tepat guna di Jawa Tengah.