entry image

MENGGALI POTENSI EKSPORTIR JAWA TENGAH MELALUI KEGIATAN SELEKSI PRESENTASI EKSPORTIR TANGGUH 2021


Sebanyak 19 (sembilan belas) perusahaan yang terdiri dari kategori perusahaan besar dan perusahaan kecil dan menengah yang telah lolos pada seleksi administratif Eksportir Tangguh 2021, mengikuti seleksi presentasi yang bertempat di Aula Lantai 5 Gedung Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Jawa Tengah.

Dalam tahap kedua pada proses Penilaian Eksportir Tangguh 2021, para peserta menyampaikan materi presentasi terkait : Profil perusahaan, Kinerja ekspor, Daya saing, Tenaga kerja, Kepedulian lingkungan termasuk pengelolaan limbah, Prestasi dan penghargaan yang dimiliki perusahaan, serta Pendukung lainnya seperti Dokumen perijinan dan Pameran yang pernah diikuti di hadapan tim penilai, yang terdiri dari unsur Akademisi (Idris dari Universitas Diponegoro), KADIN Jawa Tengah (Bernadus Arwin), Media Masa (Galih Pujo Asmoro dari Tribun Jateng), dan yang mewakili Disperindag Prov. Jateng (Haryanta).

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Selasa-Rabu tanggal 6-7 April lalu ini mendapat respon positif dari para peserta seleksi. Hal ini terlihat dari antusiasme mereka dalam menyiapkan materi presentasi yang matang, dan semangatnya dalam meningkatkan penjualan melalui ekspor. Skema teknis kegiatan seleksi ini dilaksanakan selama dua hari, dengan dua kali sesi di setiap harinya. Melalui tahapan ini, diharapkan nantinya tim penilai dapat memetakan perusahaan yang benar-benar unggul dan memiliki potensi penjualan ekspor yang baik, sehingga dapat mendorong nilai ekspor Jawa Tengah.

Pada tahapan seleksi kali ini banyak perusahaan-perusahaan baru yang muncul sebagai kandidat pemenang. Hal ini menunjukkan iklim berbisnis di Provinsi Jawa Tengah yang semakin kompetitif dan inovatif. Semangat para pemain baru ini diharapkan dapat memotivasi pelaku usaha lainnya untuk terus berkembang mengikuti perubahan yang positif. Meskipun pandemi Covid-19 belum berakhir, namun semangat para pelaku usaha ini dapat kita jadikan contoh untuk tidak mudah menyerah dengan keadaan. Penilaian selanjutnya adalah kunjungan lapangan oleh tim penilai ke perusahaan yang lolos seleksi presentasi dan berpotensi menjadi kandidat pemenang Eksportir Tangguh 2021.