DISPERINDAG PROV JATENG
entry image

PARTISIPASI PADA PAMERAN DALAM NEGERI BERTARAF INTERNASIONAL PAMERAN INTERNATIONAL HANDICRAFT TRADE FAIR (INACRAFT) 2018


Pada Tahun 2018 Dinas Perindag Provinsi Jawa Tengah kembali mengikuti Pameran INACRAFT, dengan memfasilitasi 4 (empat) UKM produk kerajinan berorientasi ekspor. Keiikutsertaan Dinas Perindag Provinsi Jawa Tengah  pada event tersebut dilaksanakan melalui Kegiatan Pembinaan Lingkungan Sosial dan Pemberdayaan Ekonomi Bidang Perdagangan Luar Negeri.

Pameran INACRAFT 2018 yang dilaksanakan di Jakarta Conventioan Center (JCC) Senayan Jakarta merupakan pameran produk kerajinan ke 20 bertaraf internasional. Pameran tersebut diselenggarakan oleh ASEPHI Pusat bekerjasama dengan PT. Mediatama Binakreasi. Tema Pameran INACRAFT 2018 adalah ”From Smart Villeage to Global Market”. Pameran dibuka oleh Wakil Presiden Republik Indonesia M. Yusuf Kalla di dampingi Ibu Mufidah Yusuf Kalla selaku Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional periode 2014-2019, Menteri Koperasi dan UKM, Kepala Badan Ekonomi Kreatif dan Wakil Gubernur DKI Sandiaga Uno pada hari Rabu 25 April 2018 di Hall Assembly Gedung Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC) Senayan Jakarta.

Adapun UKM yang difasilitasi Pemerintah Provinsi Jawa Tengah pada pameran INACRAFT 2018 adalah :

a.  UD. Surya Putra Art Kabupten Jepara,produk handicraft kayu berupa meja, kursi, lemari, tempat tissu, mangkok, botol, dan berbagai kerajinan kayu lainnya.

b.  UD. Timboel Art Kabupaten Boyolali, produk handicraft dari logam dan tembaga berupa kursi, meja, mangkok, tempat buah, lampu hias, wastafel, pemanas makanan, buthtup, kubah, home decor, peralatan kopi tembaga, patung pahlawan tembaga dan berbagai kerajinan tembaga lainnya.

c.   Dhita Kerang Kabupaten Cilacap, produk handicraft dari kerang berupa lampu dinding, tempat tissu, tempat buah, mangkok, gelang, kalung, gantungan kunci, ikan, kura-kura, jam dinding, dan berbagi kerajinan kerang lainnya.

d.  Yusfina Indah Glass Kabupaten Sukoharjo, produk handicraft dari kaca berupa cermin, tempat lampu, tempat perhiasan, tempat lilin, tempat tissu, dan berbagai kerajinan kaca lainnya.

Keempat UKM tersebut menempati stand seluas 18 m2 (2 stand) di Hall B Gedung Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC) Senayan Jakarta.

Ketua Komisi B DPRD Provinsi Jawa Tengah (Bapak Helmi) beserta jajarannya berkenan untuk meninjau stand Disperindag Jawa Tengah. Komisi B sangat merespon keikutsertaan Disperindag Jawa Tengah  dalam pameran INACRAFT ini. Ketua Komisi B menyarankan agar di tahun-tahun mendatang Disperindag Provinsi Jawa Tengah menambah jumlah stand pada pameran-pameran yang akan diikuti, sehingga akan lebih banyak pula melibatkan UKM yang ada di Jawa Tengah.