entry image

PELAKU USAHA IKM PAKAIAN JADI DITUNTUT MENINGKATKAN KEMAMPUAN DAN KETRAMPILANNYA


Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah telah melaksanakan kegiatan peningkatan kompetensi industri logam, mesin dan tekstil melalui Pelatihan Desain Pakaian Jadi di Surakarta Tanggal 7 s/d 9 Maret 2017 yang diikuti sebanyak 30 IKM TPT di Kota Surakarta. Seperti diketahui, bahwa Industri Garment/pakaian jadi merupakan salah satu produk industri sandang yang tumbuh pesat seiring dengan permintaan pasar dalam dan luar negeri. Perubahan konsumen yang begitu cepat, mendorong industri garment / pakaian jadi di Provinsi Jawa Tengah melakukan penyesuaian-penyesuaian sehingga mampu menghasilkan produk-produk yang berkualitas.

“Lemahnya akses pasar, rendahnya kualitas/mutu produk yang dihasilkan serta desain produk yang sebagian besar belum sesuai dengan permintaan pasar menjadi beberapa permasalahan dalam pengembangan industri garment / pakaian jadi.” tegas Kepala Seksi Pengembangan SDM, Kreativitas dan Inovasi Industri Non Agro di sela-sela pengarahan pada acara pelatihan (7/3/2017).

Menurutnya, melihat permasalahan yang dihadapi oleh industri TPT perlu adanya stimulan yang dapat membangkitkan industri TPT, salah satu upaya adalah dengan memberikan pelatihan-pelatihan peningkatan SDM dan peningkatan skill bagi IKM pakaian jadi, paparnya.

Untuk itu, beliau menjelaskan pemerintah melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah memfasilitasi dan menyelenggarakan Kegiatan Peningkatan Kompetensi Industri Logam, Mesin dan Tekstil ( Pel. Teknik Desain Pakaian Jadi ) agar industri pakaian jadi eksis dan berkembang karena keberadaaan industri-industri ini mampu menyerap tenaga kerja sehingga dapat berdampak pada pengurangan pengangguran.

“Diharapkan ilmu yang diperoleh dari pelatihan dapat dirasakan manfaatnya dan bersedia untuk menularkan ilmunya kepada para IKM yang belum mendapat kesempatan untuk ikut pelatihan. Dan pada akhirnya nanti dapat memberikan kontribusi secara optimal akan perkembangan industri Pakaian jadi  di Jawa Tengah dan khususnya di Kota Surakarta” pungkasnya.