DISPERINDAG PROV JATENG
entry image

PELATIHAN MANAJEMEN MUTU ISO 9001:2015 di BPTLK


Seiring dengan meningkatnya persaingan pasar di era globalisasi sekarang ini, tantangan terbesar yang harus dihadapi oleh Balai Pengembangan Teknologi Logam dan Kayu Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah adalah bagaimana memberikan pelayanan yang baik dan memuaskan bagi masyarakat industri yang membutuhkan. Balai Pengembangan Teknologi Logam dan Kayu (BPTLK) yang melaksanakan tugas operasional/teknis penunjang tertentu dinas dibidang pelayanan jasa keteknikan dituntut untuk terus meningkatkan fungsi pelayanannya, terutama yang dilaksanakan oleh instalasi-instalasi yang merupakan unsur penunjang tupoksi BPTLK.

Sejalan dengan hal tersebut maka, BPTLK pada tanggal 19 s.d. 22 Maret 2018 melaksanakan kegiatan Pelatihan Manajemen Mutu ISO 9001:2015 bagi instalasi yang berada dibawah kewenangan pembinaannya. Pelatihan ini penting dilaksanakan, mengingat instalasi-instalasi ada yang sudah melaksanakan klausul-klausul yang ditetapkan dalam ISO 9001:2008 dan sesuai dengan ketentuan yang terbaru dinyatakan bahwa ISO 9001:2008 telah diratifikasi kedalam ISO 9001:2015 pada bulan September 2015 dan bagi perusahaan/organisasi yang telah melaksanakan ISO 9001:2008 wajib melaksanakan ketentuan-ketentuan yang tertuang dalam ISO 9001:2015 selambat-lambatnya 3 (tiga) tahun sejak tanggal ditetapkan yang lebih menekankan kepada proses bisnis yang focus pada pelanggan, memahami kebutuhan pelanggan dan meningkatkan kepuasan pelanggan. Karena harus fokus pada kepuasan pelanggan maka semua sistem manajemen mutu yang dilaksanakan oleh Instalasi dilingkup BPTLK harus bermuara kepada pelayanan pelanggan yang prima, artinya prima dalam melayani dan prima dalam kualitas pelayanan. [red-arf]