entry image

PELATIHAN OLAHAN JAGUNG DI DESA SOJOMERTO, KENDAL


Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah memfasilitasi pelatihan makanan olahan di Wilayah Kemiskinan / Berdikari di Kabupaten Kendal. Maksud dan tujuan pelatihan ini yaitu : Meningkatkan pengetahuan dan sikap kewirausahaan kelompok usaha makanan olahan dalam memanfaatkan potensi sumber daya secara optimal, Mendorong upaya-upaya peningkatan kesejahteraan dan pengurangan pengangguran melalui  peningkatan kapasitas dan kualitas ekonomi bagi kelompok masyarakat.

Sasaran yang ingin dicapai adalah berkembangnya usaha industri makanan olahan khususnya di wilayah Kabupaten Kendal.

Kegiatan Pelatihan ini diikuti sebanyak 25 orang dan dilaksanakan pada tanggal 25 s/d 29 September 2018 di Desa Sojomerto, Kecamatan Gemuh, Kabupaten Kendal. Kegiatan dibuka oleh Kepala Desa Sojomerto, Ahmad Mawardi, S.Pdi; Camat Gemuh, Muhamad Fatoni, SE; dan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah diwakili oleh Amri Priiyono, SE.

Selama pelatihan, peserta diberikan keterampilaan mengolah makanan dari bahan baku jagung, karena komoditi terbesar di Desa Sojomerto adalah jagung. Pada pelatihan hari pertama peserta mempraktekan membuat susu jagung, stik jagung, brownis jagung, eggroll jagung, dan dodol jagung. Dan pelatihan di hari kedua peserta mempraktekan membuat bolu kukus jagung, agar-agar jagung dan keripik jagung.

Pada akhir pelatihan tanggal 29 September 2018, peserta melakukan kunjungan kerja ke IKM Wan Man Snack di Desa Bangsalan, Teras, Kabupaten Boyolali. Di IKM tersebut peserta diajarkan untuk mengolah jagung menjadi eggroll, dan membuat tepung jagung.