DISPERINDAG PROV JATENG
entry image

PEMBEKALAN ILMU JURNALISTIK, ASET DAN ARSIP UNTUK ASN DISPERINDAG


Kurang lebih 20 Aparatur Sipil Negara Disperindag Jateng diberikan pelatihan ilmu jurnalistik yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan informasi bagi masyarakat.

Dalam sambutan Kadisperindag Provinsi Jawa Tengah, M Arif Sambodo yang diwakili Kasubbag Umum dan Kepegawaian Disperindag Provinsi Jawa Tengah, A Ratno Pranoto, di Hotel Atria, Magelang, Jumat (22/3).

‘’Ini merupakan kesungguhan dalam upaya melaksanakan tugas pekerjaan dan pelayanan Disperindag Provinsi Jawa Tengah, terutama tugas-tugas kesekretariatan yang terkhusus pada tugas tentang aset, arsip, dan informasi kehumasan,’’ katanya.

Pelayanan kehumasan sesuai Undang-Undang (UU) Nomor 43 Tahun 2009 dan UU Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Karena itu, pelayanan untuk memberikan informasi yang baik dan terbuka kepada publik menjadi kewajiban. Pelatihan ini mengundang Suara Merdeka untuk menjadi narasumber materi jurnalistik.

Kepala Biro Suara Merdeka Wilayah Kedu, Edy Purnomo, menjadi pemateri dalam acara tersebut. Edy memaparkan bagaimana cara mengemas berita atau informasi baik supaya menarik dibaca dan dicerna oleh masyarakat.

Bagaimana kemasannya agar luwes dan pembaca lebih mudah mencerna informasi. Pelatihan jurnalistik pun berlangsung gayeng, berjalan interaktif dan komunikatif.

Pelatihan menjadi bagian dari Bimbingan Teknis Kearsipan dan Penatausahaan Barang Milik Daerah, ditujukan kepada Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID). Selain dibekali ilmu jurnalistik, PPID Disperindag juga dibekali ilmu tentang aset dan ilmu kearsipan.