DISPERINDAG PROV JATENG
entry image

PEMBEKALAN MOTIVASI KERJA KEPADA PESERTA PELATIHAN OPERATOR JAHIT INDUSTRI GARMEN


Sebagai  salah satu institusi pusat  pengembangan dan poduk  di Jawa Tengah  Balai Pengembangan Produk Tekstil dan Alas kaki Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi  Jawa Tengah ( BPPTAK Disperindag Prov Jateng )  sangat  merespon tuntutan  dan kebutuhan pasar industri dan investor yang menghendaki adanya  kompetensi teknologi dan sumber daya manusia. Kegiatan yang sudah dilakukan  oleh BPPTAK Disperindag Prov Jateng  adalah mengadakan  Pelatihan Operator Jahit Industri Garmen yang diperuntukan masyarakat  Jawa Tengah, usia produktif  yang  belum bekerja untuk di latih  dan  di tempatkan diperusahaan mitra .  Sampai awal bulan Desember 2017 BPPTAK Dinperidag Prov Jateng Telah melatih 4000 orang dan disalurkan di Perusahaan Mitra seperti  PT BBI,  PT MAS SUMBIRI, PT PAN RAMA, PT HOOPLUN, PT CARTINI LINGERI , PT FOMUSHA  dll

Pada tanggal 7 Desember 2017  BPPTAK kedatangan Anggota Komisi B DPRD Provinsi Jawa Tengah, Bapak  Riyono, sungguh luar biasa  hal ini terungkap dalam diskusi  pembekalan dan Motivasi Kerja peserta  pelatihan operator jahit industri garmen di  Aula Besar BPTAK Dinperindag Prov Jateng. yang diikuti 325 orang peserta pelatihan. Menurut beliau, melalui kegitan pelatihan ketrampilan operator jahit akan mendapatkan keuntungan bersama baik bagi  peserta pelatihan maupun dari pihak perusahaan. “Perusahaan sangat mendukung adanya pelatihan yang dilakukan oleh BPPTAK, karena melalui kegiatan ini peserta pelatihan langsung  mendapat  pekerjaan,” ujarnya. Sedangkan bagi perusahaan, lanjutnya  juga beruntung karena melalui pelatihan yang sudah dilakukan oleh BPPTAK perusahaan mendapatkan tenaga kerja siap pakai dan pelatihan sudah disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.

Kepala BPPTAK Sigid Adi Brata, SE, MM menuturkan pihaknya akan memberi kesempatan kepada masyarakat  yang tidak punya keahlian untuk di latih  dan di tempatkan di  perusahaan. Dalam rangka mengurangi tingkat pengangguran dan menurunkan angka kemiskinan menuju Jawa tengah semakin sejahtera. Dia menuturkan peserta yang telah mengikuti  pelatihan sampai selesai akan diberikan setifikat yang menyatakan mereka telah mengikuti pendidikan, keterampilan dan ditempatkan untuk bekerja di perusahaan garmen yang tersebar diberbagi daerah khususnya wilayah Jawa Tengah.

Diharapkan kegiatan pelatihan ini dapat terus dilaksanakan dan masyarakat yang membutuhkan ketrampilan siap kerja dapat mengikuti kegiatan pelatihan yang diadakan di Balai Pengembangan Produk Tekstil dan Alas Kaki Disperindag Prov. Jateng. Bagi masyarakat khususnya di Jawa Tengah yang masih belum bekerja dan tidak mempunyai ketrampilan diharapkan dapat mengikuti kegiatan pelatihan operator jahit industri garmen yang diadakan oleh Balai Pengembangan Produk tekstil dan Alas Kaki – Disperindag Prov. Jateng, dimana pendaftarannya langsung datang ke Balai Pengembangan Produk Tekstil dan Alas Kaki JL. Tambak Aji No. 01 Semarang – Telp (024) 8665895 atau ke HP. 0878 3243 2006 ( Ratmono selaku Kasie Pelayanan Jasa ).