DISPERINDAG PROV JATENG
entry image

PENILAIAN EKSPORTIR TANGGUH 2017


Eksportir Tangguh adalah suatu kegiatan yang diadakan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan motivasi kepada para pengusaha yang melakukan ekspor untuk bisa lebih baik lagi dari sisi produksi, manajemen, volume ekspor, dan lain-lain. Tahapan awal kegiatan eksportir tangguh berupa sosialisasi yang dihadiri oleh dinas perindustrian dan perdagangan kabupaten kota se Jawa Tengah. Dari kegiatan tersebut kemudian dinas perindustrian dan perdagangan kabupaten kota se Jawa Tengah mengirimkan perusahaan-perusahaan yang memenuhi persyaratan untuk ikut serta dalam kegiatan eksportir tangguh tahun 2017.

Dalam Kegiatan ini, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten/ Kota se-Jawa Tengah mengirimkan peserta, total 34 perusahaan yang kemudian diseleksi oleh tim penilai dengan pertimbangan nilai ekspor, kelengkapan dokumen, dll. Hasil dari seleksi tersebut kemudian terpilihlah 10 kategori perusahaan besar dan 10 kategori perusahaan kecil / menengah yang selanjutnya harus memaparkan berbagai informasi mengenai perusahaan dalam presentasi yang diadakan dalam 4 sesi.

Dalam presentasi terjadi dialog antara tim penilai dan perusahaan yang melakukan presentasi sehingga tim penilai lebih mengetahui sejauh mana kemampuan perusahaan dikatakan cukup pantas untuk menyandang gelar perusahaan tangguh di bidang ekspor. Dari kegiatan tersebut kemudian tim penilai memilih 12 perusahaan yang masuk dalam kriteria penilaian dan selanjutnya dilakukan kunjungan lapangan untuk meninjau secara langsung, sehingga tim penilai bisa mengetahui kondiri dilapangan. Perusahan yang terpilih tersebut antara lain :

1.      PT. Boyang Industrial dari Kabupaten Purbalingga,

2.      PT. Bio Takara dari Kabupaten Banyumas,

3.      PT. Belgindo Raya dari Kabupaten Grobogan,

4.      PT. Primayuda Mandiri Jaya dari Kabupaten Boyolali,

5.      PT. Mondrian dari Kabupaten Klaten,

6.      PT. Batik Danah Hadi dari Kota Surakarta,

7.      PT. Kharisma Rotan Mandiri dari Kabupaten Sukoharjo,

8.      PT. Pismatex Textile Industry dari Kabupaten Pekalongan,

9.      PT. Raveena Batik Garmenindo dari Kabupaten Pekalongan,

10.  PT. Karya Cipta Unggul Nusantara dari Kabupaten Demak,

11.  PT. Hong Fa dari Kabupaten Demak, dan

12.  CV. Sarana Jati Perkasa dari Kabupaten Blora.

Setelah melakukan kunjungan lapangan para tim melakukan rapat penentuan pemenang dan kemudian memilih 3 pemenang dari kategori perusahaan besar yaitu :

1.      PT. Pismatex Textile Industry (Juara I),

2.      PT. Karya Cipta Unggul Nusantara (Juara II),

3.      PT. Primayuda Mandiri Jaya (Juara III)

Dan untuk kategori perusahaan kecil menengah adalah :

1.      PT. Mondrian (Juara I),

2.      PT. Bio Takara (Juara II),

3.      PT. Raveena Batik Garmenindo (Juara III).