entry image

Pelaksanaan Kegiatan Peningkatan Pengetahuan dan Ketrampilan Dalam Penerapan Mesin Teknologi Tepat Guna


Bertempat di Graha Siola Kab Purworejo, tgl 11 April 2018 telah dilaksanakan Kegiatan Peningkatan Pengetahuan dan Ketrampilan Dalam Penerapan Mesin Teknologi Tepat Guna oleh Balai Pengembangan Teknologi Logam dan Kayu (BPTLK) Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah. Kegiatan yang diikuti oleh 30 orang pelaku usaha di Kab Purworejo, Kab Kebumen dan Kota Magelang ini merupakan kegiatan pengenalan terhadap teknologi tepat guna yang tela dihasilkan  oleh BPTLK yaitu mesin spinner (peniris minyak). 

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah, Drs. M. Arif Sambodo, MSi dalam sambutan tertulis pada pembukaan acara yang dibacakan oleh Drs. Sutrisno, MSi (Kadinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kab Purworejo) pada pembukaan acara tersebut mengatakan, agar mampu bersaing secara global ditengah persaingan yang semakin ketat ini  maka pelaku usaha  harus mampu meningkatkan pengetahuan dan ketrampilannya agar dapat menangkap pangsa pasar yang masih terbuka lebar dan meningkatkan pendapatan ekonomi keluarga.

Selain itu pelaku juga dituntut untuk dapat menguasai dan menggunakan teknologi untuk membuat dan menciptakan alat proses produksi untuk masyarakat Diakhir acara para peserta sangat berharap agar kedepan kegiatan sejenis dapat lebih sering dilaksanakan dengan memperkenalkan dan mendemonstrasikan mesin-mesin  berteknologi tepat guna yang lebih bervariatif mengingat kemajemukan pelaku usaha di daerah dan mesin yang dibuat dapat menggunakan energi yang mudah dan ramah lingkungan.

Dan apabila dimungkinkan kepada kelompok-kelompok usaha dapat diberikan bantuan peralatan dan permodalan maupun keikutsertaan dalam ajang  promosi untuk lebih menggeliatkan perekonomi-an warga dan mengenalkan potensi unggulan daerah untuk sejajar dengan daerah lain.