entry image

Pelatihan Teknik Produksi dan Pengembangan Desain IKM Pande Besi di Kabupaten Klaten


Suasana Pelatihan

Industri logam di Jawa Tengah tersebar di beberapa wilayah antara lain : Kabupaten Klaten, Purbalingga, Jepara, Boyolali, Pati dan Tegal. Disamping itu industri logam di Jawa tengah juga mempunyai keunikan dan spesifikasi tersendiri untuk masing-masing daerah. Seperti industri logam di Kabupaten Jepara memakai bahan baku dari monel, Kabupaten Pati dari bahan baku kuningan, Kabupaten Boyolali dengan bahan baku dari tembaga. Juga produk yang dihasilkan mempunyai keistimewaan seperti Kabupaten Purbalingga yang menghasilkan produk knalpot, Kabupaten Tegal dengan berbagai produk dari logam dan tentunya Kabupaten Klaten yang menghasilkan produk barang dari pengecoran logam ferro dan non ferro. Produk industri logam di Kabupaten Klaten sangat beragam dan bervariatif diantaranya pengecoran ferro dan non ferro yang berupa komponen kereta api , komponen kapal, komponen alat berat, alsintan , dan pande besi seperti pisau dapur, samurai, dan alat penunjang pertanian. Produk-produk  tersebut mempunyai prospek dan peluang pasar yang bagus dan menjanjikan, karena dari segi design produk produk logam dari Kabupaten Klaten bisa disejajarkan dengan produk import.

Meskipun dilihat dari segi design produk logam bisa disejajarkan dengan produk import, akan tetapi dari segi kualitas masih di perlu dtingkatkan, terutama untuk produk yang berbasis pengecoran ferro dan non ferro dikarenakan bahan baku yang dipakai bukan dari bahan baku murni akan tetapi berasal dari scrap atau bahan-bahan bekas (panci, dandang, drum, dan lain-lain). Jika produk ini sudah jadi dan diuji di laboratorium jelas hasilnya tidak memenuhi syarat untuk dipasarkan di mancanegara.

Untuk produk Pande Besi di Kabupaten Klaten meskipun dalam segi kualitas bagus, akan tetapi dalam segi design masih kurang, mereka menggunakan cara cara tradisonal sehingga belum banyak variasi dan inovasi.

Menghadapi berbagai permasalahan tersebut diatas, diperlukan langkah nyata yang dapat membantu pelaku menumbuhkan industri logam dan dapat meningkatkan kualitas produk logam dalam  mengatasi permasalahan sehingga dapat mengembangkan usahanya dan mampu bersaing dengan produk import sekaligus memperluas akses pasar.. Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah dalam mengatasi masalah tersebut dengan memberikan beberapa fasilitas seperti pelatihan yang sedang dilaksanakan ini. Melalui Kegiatan  Penyebaran dan Penumbuhan IKM Provinsi Jawa Tengah Tahun Anggaran 2016 menyelenggarakan Kegiatan “Pelatihan Teknik Produksi dan Pengembangan Desain IKM Pande Besi di Klaten.

Pelatihan pembuatan pisau, cangkul dan serok pasir yang diselenggarakan di Kelompok Usaha Pemuda Produktif Kembar Jaya di Delanggu, Klaten ini diikuti 30 peserta dari Klaten dan sekitarnya. Seluruh peserta bahkan perempuan pun sangat antusias mengikuti arahan dari instruktur sejak pemotongan, pengelasan hingga pemolesan.

Diharapkan melalui kegiatan ini dapat meningkatkan pengetahuan, wawasan, keterampilan dan menumbuhkan jiwa kewirausahaan para pelaku usaha serta meningkatkan mutu kualitas produk logam sehingga nantinya mampu menciptakan produk dan layanan jasa yang lebih berkualitas dan berdaya saing.