DISPERINDAG PROV JATENG
entry image

SOSIALISASI DESIGNER DISPATCH SERVICE PROVINSI JAWA TENGAH TAHUN 2018


Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan Sosialisasi Designer Dispatch Service (DDS) Tahun 2018 pada tanggal 17 April 2018 bertempat di Hall Lantai V, Kantor Disperindag Prov. Jateng. Sosialisasi diikuti oleh 100 peserta yang terdiri dari Pemerintah Kab/Kota dan UKM yang potensial ekspor.

DDS merupakan kolaborasi aktif berbagai pihak antara Pemerintah, desainer dan pelaku usaha untuk menciptakan produk berbasis desain sesuai target pasar ekspor. Pemerintah Pusat, dalam hal ini Kementerian Perdagangan telah mempelopori kegiatan DDS ini sejak tahun 2014 dan telah berhasil membawa produk hasil kolaborasi desainer dan pelaku usaha menembus pasar ekspor dunia, salah satunya UKM “Raja Serayu” dari Kab. Cilacap, yang juga menjadi salah satu narasumber untuk berbagi “best practice” dengan para UKM yang hadir. Adapun narasumber lainnya, yaitu 2 orang ahli designer DDS dan Pejabat DITJEN PEN Kementerian Perdagangan RI.

“Namun program DDS tersebut, belum diketahui secara merata oleh para pemda se-Jawa Tengah, sehingga kami berharap dengan terselenggaranya sosialisasi ini, Para Pendamping dari Kab/Kota dapat meneruskan informasi kepada para pelaku usaha dan masyarakat didaerahnya.” jelas Kepala Disperindag Prov. Jateng, M. Arif Sambodo yang membuka acara DDS tersebut.

Program DDS akan melalui beberapa tahapan, dimulai dari sosialisasi dan seleksi 46 pelaku usaha UKM melalui wawancara yang akan dilakukan oleh para desainer,  selanjutnya akan dipilih 6 UKM potensial DDS. Kemudian pendampingan desainer kepada para keenam pelaku usaha mulai dari pemilihan bahan baku, desain produk serta proses produksi, hingga menjadi produk akhir yang siap dipasarkan. Seluruh produk yang dihasilkan melalui program DDS akan mengikuti tes pasar pada pameran internasional di luar negeri maupun di dalam negeri yang difasilitasi oleh Disperindag Prov. Jateng maupun Kementerian Perdagangan RI.

Pada akhir acara, Kepala Disperindag Prov. Jateng mengungkapkan harapan diselenggarakannya sosialisasi ini “Pengembangan produk berbasis desain yang memiliki nilai tambah dan daya saing harus menjadi program yang berkelanjutan sehingga membutuhkan komitmen berbagai pihak terkait. Untuk itu kami menggandeng kementerian, pemda akademisi, dan pelaku usaha agar bersinergi dan bekerjasama mengembangkan produk – produk UKM potensial Jawa Tengah demi kemajuan perekonomian daerah yang tentunya akan berefek positif ke level nasional.” [red-pun]