DISPERINDAG PROV JATENG
entry image

TIM WASDAR DISPERINDAG JATENG LAKUKAN PENGAWASAN PUPUK


          Tim Pengawasan Barang Beredar Provinsi Jawa Tengah melakukan pengawasan barang-barang yang beredar dengan parameter SNI Wajib dan Label. Pengawasan dilaksanakan selama 1 (satu) hari pada Hari Selasa Tanggal 12.09.2017. Pengawasan difokuskan pada pengawasan pupuk yang dilakukan di 3 (tiga) toko yang ada di Kabupaten Sragen antara lain :
1. Toko Abitani Jalan Solo Sragen, Sidoharjo, Kabupaten Sragen
    Produk yang diawasi antara lain Pupuk NPK Merk Granol, Pupuk UREA, Pupuk Amonium Sulfat (ZA), Pupuk Kalium Chlorida (KCl), Pupuk Super Phospat 36 (SP-36) dan Pupuk Triple Super     Phospat (TSP)
2. Toko Rangga Mulia di Desa Sidorejo Progo Ganon Kabupaten Sragen
    Produk yang diawasi antara lain Pupuk UREA, Pupuk Amonium Sulfat (ZA), Pupuk Kalium Chlorida (KCl), Pupuk Super Phospat 36 (SP-36), Pupuk Triple Super Phospat (TSP), Pupuk
    Phospat alam untuk pertanian merk Gandasil D dan Pupuk Import NPK 16-16-16 dari Rusia
3. Toko Sarana Pertanian “Seno Tani” Jalan Gawan Tenon Kabupaten Sragen
    Produk yang diawasi antara lain Pupuk Ponska, Pupuk UREA, Pupuk Amonium Sulfat (ZA), Pupuk Kalium Chlorida (KCl), Pupuk Super Phospat 36 (SP-36) dan Pupuk Triple Super Phospat       (TSP).
 
              Dari hasil pengawasan yang telah dilakukan, secara kasat mata pupuk yang diperjualbelikan di 3 (tiga) toko tersebut sudah sesuai dengan :
1.Peraturan Menteri Perindustrian No. 26/M-IND/PER/IV/2013 tentang Pemberlakuan Standar Nasional Indonesia (SNI) Pupuk Anorganik Tunggal Secara Wajib
2.Peraturan Menteri Perindustrian No. 8/M-IND/PER/I/2014 tentang Pemberlakuan Standar Nasional Indonesia (SNI) Pupuk Anorganik Majemuk Secara Wajib. 
 
            Pupuk UREA, Pupuk Amonium Sulfat (ZA), Pupuk Kalium Chlorida (KCl), Pupuk Super Phospat 36 (SP-36), Pupuk Triple Super Phospat (TSP), Pupuk Phospat alam untuk pertanian merk Gandasil D dan Pupuk Import NPK 16-16-16 dari Rusia merupakan Pupuk Anorganik Tunggal. Sedangkan Pupuk NPK Merk Granol merupakan Pupuk Anorganik Majemuk.
Tim pengawas juga menempelkan sticker pengawasan sebagai bukti telah dilakukan pengawasan pada toko-toko tersebut. Tim pengawas merekomendasikan/menyarankan kepada Pelaku Usaha agar bisa memiliki FotoCopy SPPT SNI untuk kelengkapan usahanya dari supplyer/distributor.