DISPERINDAG PROV JATENG
entry image

TIM WASDAR PERINDAG JATENG AWASI BARANG KHUSUS ANAK/ BAYI


Tim pengawas Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah melakukan pengawasan barang beredar di salah satu Toko Perlengkapan Bayi di wilayah Kabupaten Boyolali. Pengawasan di lokasi tersebut difokuskan pada barang khusus anak-anak antara lain baby walker, kereta dorong baby, sepeda roda tiga, mainan anak, mobil baterai elektrik, melamin mangkok bubur, pakaian bayi , popok bayi, topi bayi, kaos tangan kaki bayi, dan gurita bayi. Saat pelaksanaan pengawasan barang beredar dilokasi tersebut yang dilakukan secara kasat mata, produk-produk tersebut diatas sudah memenuhi ketentuan/aturan yang berlaku yaitu sesuai Permendag No. 72/M-DAG/PER/9/2015 tentang ketentuan SNI Wajib dan Permendag No. 73/M-DAG/PER/9/2015 tentang label barang dalam bahasa Indonesia. 
 
Sedangkan untuk produk pakaian bayi (merek BOBO, CAUTION, BEARY SWEET, LITTLE PANDA, HAO HAO, COSTLY MOMOYA), popok bayi (merek MOMOY,  KYOTO, QIANQUNUI),  topi bayi (merek LITTLE LEE, BOBOKO, COCO), kaos tangan dan kaos kaki bayi (merek TOKUSEN, YABI)  dan gurita bayi merek LITTLE PANDA belum ber SNI. Pada toko tersebut pelaku usaha juga tidak memiliki Copy SPPT SNI untuk produk-produk wajib SNI yang diawasi. 
 
Tim pengawas Disperindag Prov. Jateng menyarankan kepada pelaku usaha untuk menjual produk/barang sesuai dengan ketentuan SNI Wajib dan Kewajiban Pencantuman Label dalam Bahasa Indonesia pada barang. Pelaku usaha juga disarankan untuk mereturn produk-produk pakaian bayi yang belum ber SNI kepada supplyer serta meminta copy SPPT SNI dari supplyer untuk setiap produk wajib SNI yang dijual.