entry image

WAWASAN INDUSTRI HIJAU BAGI PELAKU USAHA


Saat ini pelaku usaha di Indonesa dituntut harus mulai beralih dari menjalankan bisnis seperti biasanya (business asusual) menjadi yang berwawasan industri hijau. Isu ini penting dan mutlak untuk segera dilaksanakan guna tercapainya efisiensi produksi serta menghasilkan produk yang ramah lingkungan.

industri hijau merupakan sebuah icon yang harus dipahami dan dilaksanakan dalam menyelaraskan pembangunan industri dengan kelestarian fungsi lingkungan hidup serta dapat memberi manfaat bagi industri.

Pengembangan industri hijau dapat dilakukan melalui beberapa cara seperti produksi bersih, konservasi energi, efisiensi sumber daya, proses daur ulang, dan teknologi rendah karbon.

Dengan penerapan industri hijau maka akan tercipta efisiensi pemakaian bahan baku, energi, dan air, sehingga limbah ataupun emisi yang dihasilkan menjadi minimal.

Menyadari pentingnya membangkitkan kesadaran bahwa betapa besarnya manfaat Industri Hijau di dalam Industri, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Tengah memfasillitasi pelaku usaha melalui Pelatihan Industri Hijau bagi Industri Alat Transportasi  yang telah dilaksanakan pada tanggal 28 s/d 30 Agustus 2017, bertempat di ruang pertemuan Disperindag Prov. Jateng.

 

Kegiatan yang diikuti sebanyak 26 peserta ini diharapkan pelaku usaha di Jawa Tengah dapat menerapkan Industri Hijau yang menghasilkan produk ramah lingkungan yang menjadi tuntutan dalam perdagangan global.