DISPERINDAG PROV JATENG
entry image

WORKSHOP PEMANFAATAN KITE IKM BAGI IKM BERORIENTASI EKSPOR


Untuk menumbuh kembangkan ekspor di Jawa Tengah, pada tanggal 18 April 2018 Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan Workshop Pemanfaatan KITE IKM bagi perusahaan IKM ekspor Jawa Tengah dengan tema “KITE IKM merupakan salah satu cara mudah untuk memperoleh bahan baku dan barang Modal bagi IKM Jawa Tengah”. Acara tersebut dibuka oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah. Dengan menghadirkan para narasumber dari Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Jawa Tengah dan DIY, Bank Pembangunan Daerah (BPD) Jawa Tengah dan Praktisi (Eksportir) CV. Ribka Furniture, Kabupaten Sragen.

Workshop ini bertujuan untuk memperoleh informasi dan sekaligus memberikan solusi  perihal permasalahan yang dihadapi oleh pelaku usaha dalam pemanfaatan KITE IKM ini sehingga tujuan pemerintah dalam mengeluarkan kebijakan ini dapat bermanfaat bagi IKM ekspor Jawa Tengah.

Jawa Tengah bila kita lihat dari pertumbuhan ekspornya selama lima tahun terakhir dari tahun 2013 s.d tahun 2017 menunjukkan adanya trend (perkembangan) yang cukup baik meskipun hanya sebesar 3,40% dari realisasi ekspor sebesar US$ 4,871 Juta pada tahun 2013 menjadi US$ 5,768 Juta pada tahun 2017.  Perkembangan sebesar 3,40% ini sebagai akibat dari krisis global yang melanda Uni Eropa diikuti oleh Amerika dan bangsa-bangsa lain di dunia sehingga permintaan menurun terhadap produk-produk Indonesia khususnya Jawa Tengah.

Pada saat ini sebagian dari negera-negara di Eropa, juga Amerika sudah mulai membaik sehingga peluang menjadi semakin besar terhadap ekspor Jawa Tengah. Namun demikian alangkah baiknya kalau kita mulai melirik pasar lain yang juga potensial yaitu emerging market seperti : Afrika, Amerika Latin, Timur Tengah, Eurasia, dan Asia selatan : Pakistan, India, Bangladesh, dan Srilangka.

Kepada para peserta workshop diharapkan agar dapat menggunakan kesempatan tersebut dengan sebaik baiknya yaitu bertukar pikiran dan berdiskusi sehingga peserta semakin paham dalam memanfaatkan fasilitas KITE IKM yang tujuan akhirnya yaitu peningkatan ekspor non migas Jawa Tengah dapat tercapai dan kesejahteraan masyarakat akan semakin terangkat. [red-pun]