DISPERINDAG PROV JATENG
entry image

WORKSHOP PENINGKATAN KETAATAN PELAKU USAHA MELALUI KEBIJAKAN DAN PENGAWASAN


Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 25-26 Juli 2019 bertempat di Griya Persada Convention Hotel & Resort Bandungan Kab. Semarang dengan tujuan untuk meningkatkan kapasitas dan pemahaman secara komprehensif terhadap Peraturan Perundangan di Bidang Perdagangan bagi para pelaku usaha.

Workshop diikuti pelaku usaha barang kena cukai dan pelaku usaha Bapokting sebanyak +100 orang peserta. Kegiatan dibuka oleh Kepala Disperindag Prov. Jateng M. Arif Sambodo, S.E., M.Si dengan menghadirkan pembicara dari Kemendag RI, Kanwil Ditjen Bea Cukai Jateng & DIY serta Motivator Trainer (Eko Suseno, UKSW Salatiga).

Dengan kegiatan dimaksud diharapkan pelaku usaha dapat mengimplementasikan Peraturan di bidang perdagangan dengan baik serta menghindarkan dari kecurangan atau ketidakjujuran dalam berusaha.

Kebijakan dan Peraturan Perundangan yang disampaikan kepada peserta workshop adalah terkait UU Cukai, Permendag mengenai Distributor dan Pengawasan Minuman Beralkohol, Permendag tentang HET Beras, serta Kewajiban Pencantuman Label pada kemasan beras, Permendag terkait gula kristal rafinasi dan juga Perpres tentang Penetapan dan Penyimpanan Bapokting.

Dengan berpedoman pada Peraturan-peraturan tersebut, para pelaku usaha didorong untuk dapat berdaya saing secara sehat dan bersama-sama mewujudkan tertib niaga