entry image

Waspada Penipuan Berkedok Bantuan Hibah Mengatasnamakan Kepala Disperindag Prov Jateng dan Direktur Bina Usaha Kemendag


Sehubungan dengan informasi dari Penyuluh Perindag tentang adanya bantuan Hibah Pemberdayaan UMKM dengan mensyaratkan biaya kepengurusan yang mengatasnamakan Bp. Arif Sambodo Kepala Disperindag Prov. Jateng dan Bp. I. Gusti Ketut Astawa Direktur Bina Usaha Kementerian Perdagangan, bersama ini dengan hormat kami laporkan beberapa hal sebagai berikut : 
 
1. Modus penipuan dengan mengatakan bahwa Dinas Perindag Prov Jateng ataupun Kementerian Perdagangan akan memberikan bantuan hibah Pemberdayaan UMKM sebesar 80 juta dan diminta untuk mentransfer biaya pencairan (meterai dan notaris) sebesar Rp. 800.000,
 
2. Sejauh ini yang terkonfirmasi sudah ada 3 IKM yang dihubungi oleh oknum tersebut : 
 
1) Ibu Anisah, IKM Kopi dengan merek Sadiroso, Kota Semarang 
 
2) Ibu Puji, IKM Olahan Salak dengan merek Rosada, Kab. Magelang 
 
3) Ibu Dini Ambarwati, IKM Keripik Pisang merek GAYA (Gajah Jaya), Kab. Wonogiri 
 
3. Tangkapan layar chat antara IKM dengan pemberi pesan sebagaimana terlampir. 
 
4. Untuk mengantisipasi tindak kejahatan penipuan kepada IKM, oleh para penyuluh telah diinformasikan kepada para IKM melalui grup-grup binaan dan komunitas IKM 
 
5. Telaah Staf : 
 
a. Dari ketiga IKM tersebut kesemuanya pernah mendapatkan fasilitasi Dinas Perindag Prov. Jateng, Fasilitasi tersebut : Pelatihan Pendampingan Bisnis, Pelatihan Branding, Fasiltasi Merek. 
 
b. Perlunya modus kejahatan ini diinformasikan kepada masyarakat khususnya para IKM melalui channel-channel informasi Dinas Perindag Prov. Jateng sebagai tindakan preventif dan antisipatif.