entry image

Workshop Pengamanan Perdagangan / Safeguard


Di Semarang tanggal 10-11 Februari 2021 telah dilaksanakan acara Workshop Pengamanan Perdagangan (Safeguard).  Acara tersebut dilaksanakan di Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provisi Jawa Tengah, yang mana dihadiri oleh 45 peserta yang mewakili assosiasi pelaku usaha dalam negeri dan pengelola kawasan industry di Jawa Tengah. Namun karena acara ini dilaksanakan masih di saat pandemic, acara ini dibagi menjadi 2 batch yaitu 25 peserta di hari pertama dan 20 peserta di hari kedua.

Narasumber dari KPPI (Komite Pengamanan Perdagangan Indonesia), Bea Cukai, dan sebagai moderator dari Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro. Melalui kegiatan ini peserta dapat diharapkan memahami tentang instrumen pengamanan perdagangan (Safeguard) dari melonjaknya product import sejenis atau secara langsung bersaing dengan produk dalam negeri.

Barang sejenis merupakan barang produksi dalam negeri  yang identik atau sama dalam segala hal dengan barang impor atau barang yang memiliki karakteristik menyerupai barang yang di impor. Sedangkan barang yang secara langsung bersaing merupakan barang produksi dalam negeri yang dalam penggunaanya dapat menggantikan barang yang diselidiki.

Dan melalui kegiatan ini peserta dapat juga memahami  tentang manfaat tindakan pengamanan perdagangan, untuk memulihkan kerugian serius atau mencegah ancaman kerugian serius yang dialami oleh industry dalam negeri, deficit keuangan serius yang jelas akan dialami dalam waktu dekat yang penetapan nya di dasarkan atas fakta-fakta, bukan didasarkan pada tuduhan, dugaan, atau perkiraan.