DISPERINDAG PROV JATENG
entry image

PERKEMBANGAN HARGA KEPOKMAS DI 5 (LIMA) PASAR TRADISIONAL IBU KOTA PROVINSI JAWA TENGAH, 2 Pebruari 2017


Berdasarkan hasil monitoring harga KEPOKMAS oleh petugas Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah pada hari Kamis, 02 Pebruari 2017, di 5 (lima) Pasar Tradisional Kota Semarang: yaitu.Pasar Johar, Pasar Peterongan, Pasar Karangayu, Pasar Bulu dan Pasar Gayamsari; secara umum situasi dan kondisi persediaan/stock beberapa komoditi, antara lain : beras, gula pasir, minyak goreng, daging (sapi, ayam broiler dan ayam kampung), telur ayam (ras dan kampung), tepung terigu dan beberapa komoditi sayur-mayur (cabe dan bawang) serta LPG 3 kg dipasaran terpantau cukup.
 
Hasil monitoring harga komoditi yang di butuhkan masyarakat khususnya komoditi : Beras, Gula Pasir, Minyak Goreng, Daging (Sapi, Ayam Broiler dan Ayam Kampung), Telur Ayam (Ras dan Kampung), Tepung Terigu, dan beberapa komoditi Sayur Mayur (Cabe dan Bawang) serta LPG 3 kg yang mengalami perubahan harga sebagai berikut :

Tabel Perubahan Harga Kepokmas
 
Komoditi yang mengalami kenaikan sangat kecil di bawah 5%: Cabe besar teropong, naik Rp. 600,- Cabe rawit merah naik Rp 2.000,- dan Cabe rawit hijau naik Rp 2.200,- dikarenakan pasokan dari sentra berkurang karena curah hujan yang masih tinggi sehingga hasil panen berkurang. Daerah Jawa Tengah yang merupakan penghasil komoditi cabe seperti Kab Temanggung , Magelang, Semarang, Boyolali, Kendal, dan Grobogan, Bawang putih mengalami kenaikan naik Rp.200,- dan Ikan Bandeng naik Rp. 200,-
 
Komoditi yang mengalami penurunan sangat kecil di bawah 5% : Daging ayam ras turun Rp. 600,-. Cabe keriting turun Rp 2.00,- penurunan harga lebih disebabkan oleh cukupnya stock di pasaran. Informasi data selangkapnya sebagaimana terlampir.

Tabel Harga rata-rata kepokmas