entry image

Bimbingan Online Pembelian Alat Pembuatan Bakso


Bisnis jualan hewan kurban adalah ide bisnis yang bagus. Peluang pasar hewan kurban tergolong besar dan menjanjikan keuntungan tinggi seiring dengan tingginya permintaan pasar, khususnya pada hari raya Idul Adha. Meski terbilang bisnis musiman tapi bukan berarti penjual hewan kurban tidak bisa melanjutkan bisnis jual hewan ternak ini pada waktu-waktu lainnya misalnya untuk acara aqiqah anak, pernikahan dan acara besar lainnya.
 
Bapak Sugeng Yulianto adalah salah satu pengusaha dibidang pengadaan hewan aqiqah dan kurban, disamping usaha lain yang dimilikinya, yaitu penyedia ayam ingkung. Hal ini digelutinya sejak tahun 2010 dengan semangat dan pantang menyerah hingga sekarang ini. Semua usaha yang dimilikinya itu dilakukannya di tempat tinggalnya, yaitu di Kota Magelang. Dari pengalaman yang demikian, lahirlah ide untuk mengembangkan usahanya yaitu di bidang pemasok bakso.
Setelah berbincang-bincang dengan rekan sesama pengusaha sekota yang bernama Bapak Sutrino, muncul ide berupa pembelian alat pembuat bakso. Selanjutnya, Pak Sugeng Yulianto diajak oleh Pak Sutrisno untuk berkonsultasi dengan Penyuluh Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah yang secara kebetulan Pak Sutrisno pernah mendapat penyuluhan berkaitan dengan usahanya di bidang pembuatan bandeng presto.
 
Pak Sugeng Yulianto mengontak Penyuluh Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah untuk meminta saran pembelian alat pembuat bakso untuk memulai usahanya. Saran yang diberikan adalah membeli alat manual pencetak bakso. Hal ini dikarenakan belum adanya pengalaman di bidang usaha bakso, budget yang dimiliki terbatas dan bukan merupakan kebutuhan dasar usaha.
Proses konsultasi antara Bapak Sugeng Yulianto dengan Penyuluh Perindustrian dan Perdagangan tersebut dilakukan melalui telpon dan Whatsapp sejak tanggal 9 s/d 14 Agustus 2021. Sementara Penyuluh Perindustrian dan Perdagangan dari Kota Magelang membantu membimbing cara produksi yang baik dan jaminan mutunya.
 
Bapak Sugeng Yulianto dan Bapak Sutrisno berterima kasih atas bimbingan dan dukungan yang telah diberikan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan selama ini sehingga pengembangan usaha dapat terus berjalan.