entry image

Bimbingan Pembuatan Screw Conveyor


Senin (23/08/2021), bersama dengan Penyuluh Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Prov.Jawa Tengah, mahasiswa Sekolah Vokasi Undip Jurusan D4 Rekayasa Perancangan Mekanik melaksanakan praktek kerja berupa pembuatan Screw Conveyor untuk kebutuhan industri kecil menengah (IKM). 
 
Screw Conveyor merupakan salah satu alat transportasi material secara masal yang paling efisien dan ekonomis. Screw Conveyor merupakan salah satu jenis alat pemindah bahan yang berbentuk ulir. Dalam praktek kerja yang dilaksanakan ini, Screw Conveyor yang dibuat diperuntukan sebagai conveyor feeder/pengumpan material di mesin peniris/ proses dewatering pada proses produksi teh.
 
 
Dalam sebuah industri, transportasi material produksi dari satu proses ke proses lainnya merupakan salah satu kegiatan yang penting sehingga diperlukan mekanisme yang baik dalam pelaksanaannya. Salah satu alat transportasi material produksi adalah conveyor yang berfungsi untuk mengangkut bahan-bahan industri yang berbentuk padat. 
 
Pemilihan alat transportasi (conveying equipment) material padatan tergantung pada : kapasitas yang ditangani, jarak perpindahan material, kondisi pengangkutan (horizontal, vertikal, inklinasi), ukuran, bentuk, dan sifat material harga peralatan tersebut. Adapun jenis-jenis conveyor adalah sebagai berikut: belt conveyor, chain conveyor , scraper conveyor, apron conveyor, bucket conveyor, bucket elevator, Screw Conveyor, dan pneumatic conveyor. 
 
Balai Industri Logam dan Kayu Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah menjalin kerjasama dengan Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro Semarang. Kerjasama antara instansi pemerintah dan instansi pendidikan pada saat ini sangat dibutuhkan dalam rangka menciptakan inovasi di dunia industri. 
 
 
Bentuk kerjasama yang dijalin kedua instansi tersebut berupa penerimaan praktek mahasiswa selama 6 bulan. Diharapkan dengan pelaksanaan praktek ini, mahasiswa dapat mengenal secara nyata dunia kerja serta dapat mengaplikasikan ilmu yang diperoleh selama berada di bangku kuliah.
 
Diharapkan kerjasama serupa dapat dilaksanakan di tahun depan dan dapat ditingkatkan lebih baik lagi yaitu kerjasama kerjasama dalam bentuk lain seperti transfer pengetahuan hasil-hasil riset yang dapat dimanfaatkan untuk pelaku industri khususnya IKM.